Monday, November 8, 2021

Golla Kambu Sulawesi Barat ikut ‘memaniskan’ Nusantara, dalam SRB Online Webinar in Collaboration 2021


Perputaran waktu terus berganti, hari demi hari. Dan kini tibalah di edisi kalender Ahad, 7 November 2021. Sesuai dengan RTL dan planing kami sebelumnya yang tertuang di postingan kami sebelumnya , denan link sebagai berikut:

Maka pada malam ini (Ahad, 7 Nopember 2021 -red) adalah saatnya kami action bersama dalam kolaborasi SRB 2021. 

Sesuai dengan schedule yang ada bahwa kegiatan akan dimulai pada pukul 19.00 WITA. Untuk ‘mengamankan’ acara, sehari sebelumnya (Sabtu, 6 Nopember 2021 pukul 20.00 WITA -red) kami berempat mengadakan ‘Gladi bersih’. Alhamdulilah, gladi berjalan lancar and smooth tiada suatu halangan kecuali naik turunnya kualitas koneksi internet kami. 

Kemudian, puji Syukur tiada terhenti kami panjatkan kepada_Nya Yang Maha Kuasa sehingga kami berempat diperkenankan menyelesaikan program kami dengan selamat, aman, sentosa sesuai dengan Gladi bersih yang kami lakukan sehari sebelumnya. Pada saat itu, kami berempat sudah lebih duluan hadir di room kurang lebih 30 menit lebih awal. Ini kami rasa perlu untuk sebagai warming up kami, dan untuk koordinasi terakhir sebelum beberapa menit kemudian action. Selanjutnya menjelang 10 menit sebelum on air kami memutar musik-musik dan mulai memantau para peserta yang mulai berdatangan di ruang meeting.

Kegiatan online webinar ini kami buka tepat pukul 19.00 WITA sesuai dengan schedule. Lalu, SRB Provinsi Bali Bapak I Putu Putra Parmadi mulai menyapa dan membuka Acara Online Webinar 2021: Sosialisasi Ngobrol Bareng tentang pembaTIK dan Rumah Belajar. Berikutnya, dilanjutkan dengan perkenalan yang masih di pandu oleh Bapak Parmadi (SRB Provinsi Bali). Selesai sesi perkenalan para Sahabat Rumah Belajar, maka acara langsung berlanjut ke sesi materi 1. Di materi 1 ini akan membahas tentang pembaTIK dan akun simpatik. Sesi ini akan dipandu oleh Pak Parmadi dan Ibu Desi . Pada kesempatan ini kami mengajak peserta, untuk langsung menengok portal pembaTIK langsung di laman https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_2021, Kami membahas tentang definisi, manfaat, tahapan pelaksanaan, serta syarat dan ketentuan mengikuti program pembaTIK dan lain sebagainya. Selain itu kami juga sedikit mengulik tentang SRB (Sahabat Rumah Belajar) dan DRB (Duta Rumah Belajar). Usai dengan presentasi ini maka kami memberikan kesempatan kepada beberapa penanya. Pertanyaan yang muncul adalah tentang pembuatan akun simpatik. Maka, sekali lagi kami menjelaskan alur dan isian-isian yang harus dijawab pada saat pembuatan akun simpatik. Dengan berakhirnya uraian mengenai akun simpatik ini maka alhamdulillah, sesi materi 1 pun usai. Kolaborasi Host Keren Pak parmadi dan Ibu Desi mampu menunjukkan kematangan ilmu public speakingnya.😊😊

Pak Parmadi: Pembuka Acara dan pembuka ke jalur materi pembaTIK
Ibu Desi: Membawakan Materi Tentang PembaTIK
Ibu Desi Mempresentasi Leveling Pada Program PembaTIK

Setelah usainya sesi materi 1, maka selanjutnya adalah sesi materi 2. Sesi ini akan dinarasumberi oleh  saya sendiri Ahmad Zaini (SRB Provinsi Sulawesi Barat) dan pemateri keren berjam terbang tinggi, Mr. Budi Santoso (SRB Provinsi Maluku). Dengan public speaking nya yang memukau pak Budi berhasil menghipnotis para peserta webinar. Kolaborasi atau duet maut kami bak VJ Daniel Mananta dan Choki Sitohang😊😊wkwkwk. Materi di sesi kedua kali ini adalah membahas tentang Rumah Belajar. Pada kesempatan ini kami mengupas tuntas semua tentang Rumah Belajar. Baik mengenai definisinya, fitur-fiturnya, manfaat dari masing-masing fitur, dan lain sebagainya. Dari fitur-fitur itu ada yang diperuntukkan khusus untuk guru, seperti fitur PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), diperuntukkan untuk peserta didik, seperti edugame, dan lain sebagainya. Dan ada pula yang bisa dimanfaatkan oleh semua, baik guru maupun peserta didik, seperti misalnya: fitur sumber belajar, kelas maya, laboratorium maya, peta budaya, buku sekolah interaktif, augmented reality, wahana jelajah angkasa, dan lain sebagainya. Sesi ini lumayan demikian seru. Karena para peserta penasaran untuk menjelajahi beberapa fitur-fitur yang ada. Pada kesempatan sesi ini, saya (penulis -red) membawakan atau menampilkan slide mengenai Rumah Belajar. Disambung kemudian Pak Budi yang membawakan nya secara live. Yakni praktik langsung membuka portal rumah belajar. Langsung membuka dan mencoba menggunakan beberapa fitur Rumah Belajar. Rasanya mereka demikian makin antusias. Sebelum kami mengakhiri sesi ini, kami kami memberikan kesempatan untuk bertanya. Adapun pertanyaannya adalah bagaimana cara login di portal Rumah Belajar, apakah harus dengan menggunakan akun pembelajaran atau harus akun google biasa. Setelah diberi pemaparan secukupnya dan dirasa si penanya sudah cukup memahami, maka kami lanjutkan ke sesi berikutnya. Ohiya, Ketika kegiatan sudah berjalan kira-kira kurang lebih 50%, kami juga menyebarkan link presensi kehadiran peserta.

Penulis: Membawakan Materi tentang Fitur Utama Rumbel
Penulis Mempresentasikan Slide Tentang Fitur-fitur Rumbel
Pak Budi, Pemateri Hebat SRB Maluku
Pak Budi: Mempresentasikan live langsung di portal Rumbel

Lalu, Sesi terakhir sebelum penutupan adalah kuis tentang materi-materi yang sudah kami bahas barusan pada online webinar ini. Kuis ini dikemas sedemikian menarik dan interaktif dengan menggunakan platform quizizz. Dengan kuis ini kami akan mancari 3 (tiga) orang beruntung yang akan mendapatkan hadiah door prize. Kami akan meranking dan mencari 3 (tiga) orang peraih nilai tertinggi. Setelah kami olah dan ternyata peserta yang beruntung tersebut adalah:

  1. Pemenang Pertama adalah Ibu Guru dari SMPN Selat Provinsi Bali
  2. Pemenang Kedua adalah Bapak Abu Hurairah dari Provinsi Nusa Tenggara Timur
  3. Pemenang Ketiga adalah Ibu Tri dari SMP yang ada di Jepara Jawa Tengah.

Kami ucapkan selamat dan terima kasih bagi para pemenang hadiah.

Sesi Kuis yang dipandu oleh Ibu Desi, SRB Bali 2021
SS Tampilan Layar Ketika Peserta berkuis ria

Setelah kuis lalu kami adakan testimonium dari para pemenang. Akan tetapi pas pada giliran Ibu Tri, yang bersangkutan malah mengajukan pertanyaan tentang tips-tips agar bisa lolos ke Level 4 di atas kesibukan sehari-hari yang tetap harus mengajar, kegiatan PGP, kegiatan rumah tanggan dan lain sebagainya. Kami para SRB secara bergantian share pengalaman kami masing-masing dan memberikan tips-tips sesuai dengan pengalaman kami masing-masing secara bergantian 4 (empat) orang SRB.

Kami merasa ini adalah webinar yang luar biasa. Para peserta sangat antusias mengikut setiap sesi materinya. Sepertinya mereka puas dengan pelayanan dan pemaparan kami. Akhirnya tibalah saatnya untuk mengakhiri kegiatan. Usai sudah waktu sekitar 2,5 jam. Kegiatanpun kami tutup dengan sesi foto bersama, dan sayonaraaaa…..😀

Kami haturkan beribu-ribu terima kasih atas kehadiran para peserta pada kegiatan webinar kami……!!!

Untuk melengkapi dokumentasi pelaksanaan online webinar sosialisasi PembaTIK dan Rumah Belajar ini, maka berikut ini kami cantumkan register daftar peserta webinar sebagai berikut:

Dan sedangkan rekaman videonya adalah sebagai berikut:

Ini bukan akhir dari segalanya, kami berharap akan datang kesempatan berikutnya untuk bersua dengan para peserta dalam kesempatan dan jenis kegiatan yang lainnya.

Demikianlah laporan kegiatan webinar kami, kurang lebihnya mohon dimaafkan….!!!🙏🙏

PS: Golla Kambu adalah akronim dari ‘Go obroLAn edukatif, Kreatif, Asyik, Menarik, berBUdaya’ bersama Rumah Belajar.

Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment