Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1.1.a.9. Aksi Nyata - Penerapan Modul 1.1 tentang Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh,

Salam jumpa kembali sahabat hebat semua, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang tugas saya dalam memenuhi tagihan 1.1.a.9. Aksi Nyata - Penerapan Modul 1.1 tentang Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah.

Sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, Aksi Nyata memberikan ruang bagi kami sebagai CGP untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul. Aksi Nyata dimaksudkan sebagai proses pengembangan profesionalisme berkelanjutan, di mana ia dilihat sebagai kesatuan antara proses pembelajaran dan implementasi.

Untuk mendukung pengembangan berkelanjutan, maka sepanjang proses penerapan ini kita sebagai CGP diharapkan untuk selalu dapat melakukan refleksi, yang salah satunya adalah dengan menulis jurnal refleksi. Jurnal refleksi yang ditulis secara rutin merupakan media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan sehingga memberikan kontribusi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter. Dengan memiliki rekam jejak yang berkelanjutan seperti ini, kita akan terdorong untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang kita latih dan uji cobakan.

Sahabat hebat, aksi nyata yang kami susun ini adalah kami tulis berdasarkan pengalaman empirik kami di lapangan selama sedang mengikuti program guru penggerak yang sudah sampai pada tahap tersebut. Ada 5 pertanyaan pemantik yang kami sadur dari LMS CGP untuk selanjutnya kami gunakan untuk membantu dalam menyusun refleksii aksi nyata tersebut, yaitu:

  1. Perasaan selama melakukan perubahan di kelas
  2. Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan
  3. Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik 
  4. ‘Foto bercerita’ dari seluruh rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi) aksi Anda. 
  5. Anda juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan murid yang terlibat dalam proses perubahan yang Anda lakukan. 

Dan berikut ini adalah infografis yang kami sajikan untuk menjawab kelima pertanyaan-pertanyaan pemantik diatas.

1 komentar untuk "1.1.a.9. Aksi Nyata - Penerapan Modul 1.1 tentang Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah"