Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Demonstrasi kontekstual modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Demonstrasi kontekstual modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh dan salam jumpa kembali para sahabat hebat semua :-) By the way, apa kabar sahabat semua? Semoga pada baik dan sehat semuanya yah! Semoga kita semua senantiasa dalam ridha, lindungan dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Dzat Yang Maha Kuasa dan Maha Luas ilmu_Nya, aamiin aamiin aamiin ya rabbal ‘aalamiin.😄

Sahabat hebat, tak terasa bahwa kita ternyata sudah berada pada bulan penghujung dari tahun 2022, yakni bulan Desember. Lebih detilnya bahwa hari ini adalah hari Sabtu, yang bertepatan dengan tanggal 10 Desember 2022, maka dari pada itu kami juga mengucapkan selamat weekend (akhir pekan) kepada sahabat hebat semua. Semoga akhir pekan kita full of joy, full of fun, with kinda quality time dengan keluarga dan kawan-kawan dekat / sahabat-sahabat kita. Oiya hari ini juga bersamaan dengan jadwal pertandingan perempat final World Cup Qatar 2022 antara Portugal vs Maroko, juga Perancis vs Inggris. Bagi bola lovers, selamat nonton juga yah.😀

Oiya sahabat abihania.net, pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai karya sederhana dokumetasi kegiatan coaching yang kami laksanakan dalam rangka memenuhi tugas tagihan LMS pada alur demonstrasi kontekstual atas modul 2.3 coaching untuk supervisi akademik.

Tagihan tugas ini memiliki tujuan agar kami (para CGP) dapat melakukan praktik coaching dengan CGP lain untuk membantu mengembangkan area kompetensi coaching pada konteks pembelajaran atau keseharian CGP. Sementara itu, mengenai ketentuan dari pada aksi demo kontekstual ini adalah sebagai berikut: 
  1. Satu kelompok terdiri dari tiga (3) calon guru penggerak. satu orang akan berperan sebagai coach, satu orang lainnya akan berperan sebagai coachee, dan satu orang lainnya akan berperan sebagai pengamat. 
  2. Sebelum melakukan percakapan coaching, pengamat mengadakan percakapan dengan coach mengenai kompetensi inti coaching (presence, mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot) yang akan dikembangkan. 
  3. Coach dan coachee melakukan percakapan coaching. Pengamat melakukan observasi terhadap proses percakapan coaching dan mencatat hal-hal yang diamati. 
  4. Pengamat memberikan umpan balik berbasis coaching kepada coach berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai pengembangan kompetensi coaching berdasarkan data sesuai hasil pengamatan. 
  5. Setelah putaran satu rangkaian praktik percakapan coaching selesai, CGP berganti peran dan melakukan rangkaian percakapan coaching putaran dua sampai putaran tiga. 
  6. Rangkaian percakapan coaching ini direkam. 
  7. Rangkaian percakapan coaching ini akan dinilai oleh fasilitator dengan menggunakan rubrik penilaian yang telah disediakan.
Dan adapun video yang kami maksudkan dalam memenuhi tugas terkait adalah sebagai berikut:
Demikian yang dapat saya haturkan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih. And, jangan lupa videonya di like, komen, dan subscribe (LKS) 😀🙏

Posting Komentar untuk "Demonstrasi kontekstual modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik"