Pembukaan JOTA-JOTI 2019

Siswa-siswi SMPN 02 Lariang hikmat mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Pembukaan Jambore On The Air - Jambore On The Internet JOTA-JOTI 2019.

Tari Bali oleh Peserta Didik Kelas 9

Salah rangkaian Ujian Akhir Sekolah di SMPN 02 Lariang adalah Ujian Praktik, dalam hal ini praktik menari oleh peserta didik kelas 9 dalam balutan busana tradisional etnis Bali.

Each of them is different. Can you describe each them?

Each of the person in the picture has different appearences. Can you describe each of them, in term of their hair for instance?.

Tas Unik 'fully gorgeous' Multiguna cocok untuk siapa saja.

Tas swa-produk hasil karya tangan-tangan peserta didik SMPN 02 Lariang. Sangat elegant dan ethnically unique dipakai oleh siapa saja. Anda bisa menebusnya dengan harga terangkau.

SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog)

SAGUSABLOG, salah kanal belajar di SIM GP IGI (Ikatan Guru Indonesia) demi guru masa kini yang cakap multimedia.

Thursday, November 25, 2021

PAS Semester Gasal 2021-2022 Semakin Dekat, Anda Sudah Bersiap?

SRB Sahabat Rumah Belajar Berbagi Contoh Naskah Soal Penilaian Akhir Semester
Gambar Ilustrasi Persiapan Ulangan (Sumber: freepick.com)

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa baarakaatuh dan salam jumpa sahabat semua!! 😁

Apa kabar semuanya?πŸ˜€ Semoga kita senantiasa baik dan sehat dibawah ridha Allah, Tuhan Sang Maha Pencipta. Aamiin πŸ‘πŸ˜€

Rasanya belum begitu lama momen tahun ajaran baru 2021 - 2022. Bahwa 'seabreg' kegiatan PPDB dan MPLS terasa baru kemarin-kemarin kita laksanakan. Kita baru berkenalan, satu sama lain. Baik antar peserta didik, atau antara guru dengan peserta didik. Bahkan mungkin belum cukup seluruh peserta didik baru kelas 7 (tujuh) secara utuh kita hafal satu-persatu. Kalau sahabat?πŸ˜€Bagaimana pengalamannya?πŸ˜„ Apakah merasakan hal yang sama dengan yang penulis rasakan?πŸ˜ƒ Sebagaimana bahwa seolah tak sadar bahwa sekarang sudah sampai di penghujung bulan November 2021. Tepatnya tanggal 25 November 2021, yang bertepatan dengan HGN (Hari Guru Nasional) Ke-76. Tentunya, teriring lantunan doa kami mengucapkan terima kasih kepada para bapak ibu guru semuanya, atas dedikasi dan pengabdiannya yang telah bergerak, dan terus mencetak generasi bangsa. Teriring doa semoga semua bhakti beliau-beliau tercatat sebagai amal kebaikan, yang akan jadi bekal investasi di hari kemudian. Aamiin. Permohonan maaf kami juga haturkan kepada para bapak ibu guru kami, dalam hal ini kami tak merangkai kata-kata indah dalam bingkai puisi, ataupun yang lainnya. Ya, hanya seuntai doa yang kami haturkan. 

Kembali ke awal, iya ini adalah sudah di penghujung bulan November ini, pelaksanaan PAS (Penilaian Akhir Semester) sudah di ambang pintu. Sudah ada di depan pelupuk mata kita. Sebagai guru, rutinitas kita pada momen seperti ini tentu adalah merakit dan menyiapkan naskah soal PAS. Dan sementara bagi para peserta didik, adalah momennya untuk persiapan. Baik persiapan secara lahir dengan memperbanyak latihan soal-soal, agar PAS bisa terselesaikan dengan baik, yakni sesuai dengan harapan, ataupun persiapan secara batin. Yakni dengan mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, melalui untaian doa-doa, semoga dipermudah nantinya dalam menghadapi ujian. Diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalani ujian.

Maka untuk itu semuanya, sebagai guru. Melalui blog ini, penulis hendak berbagi manfaat. Berbagi apa yang sudah penulis susun. Yakni contoh naskah soal PAS, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris, jenjang SMP/MTs pada kelas 7, kelas 8 dan kelas 9.πŸ˜€

Untuk mendapatkan file contoh naskah soal ini silahkan klik :πŸ‘‡

D O W N L O A D

Dan yang berikut ini adalah untuk yang mata pelajaran Prakarya Jenjang Madrasah Aliyah Kelas XI (Sebelas) dan Kelas XII (Dua Belas) Semester Gasal Tahun Ajaran 2021 - 2022 

Dan link download-nya adalah:πŸ‘‡

Sementara link downloadnya adalah:

U N D U H

Terima kasih, semoga bermanfaat…..πŸ˜ƒπŸ™πŸ™


Tuesday, November 23, 2021

Etika atau Akhlak Ber-Medsos bagi Muslimin-muslimat

Khutbah Jumat, Khutbah Jum'at, Etika bermedsos, media sosial, facebook, twitter, youtube, instagram
Gambar Ilustrasi Ber-Medsos (Sumber https://pxhere.com/)

Dunia terus berkembang, seiring dengan kemujuan dibidang teknologi informasi, termasuk salah satunya adalah cara berkomunikasi kita. Dulu kala banyak orang harus menempuh jarak nan jauh untuk bisa bercakap-cakap dengan orang lain di luar daerah. Atau harus menggunakan sambungan telepon antar daerah (SLJJ) dengan ongkos yang lumayan mahal. Apalagi kalau melalukan panggilan antar negara atau telpon keluar negeri. Tagihan omgkosnya bisa bikin pingsan. Sekarang, teknologi memfasilitasi umat manusia untuk kian mudah menjalin komunikasi hanya melalui perangkat di genggaman tangan, yakni handphone. Situasi ini melanda hampir semua orang di berbagai belahan dunia, tidak pandang agama, wilayah geografis, suku, ras, dan etnis. Kehadiran media sosial kian mempermudah lagi. Dalam hitungan detik kita sudah bisa berinteraksi dan berkirim pesan melalui tulisan, suara, gambar, bahkan video ke orang di belahan dunia lain.

Luas bumi yang mencapai lebih dari setengah miliar kilometer persegi seolah mengkerut. Informasi beredar secara instan, kehidupan sosial banyak bergeser ke dunia maya, dan sebagian orang bahkan rela menghabiskan separuh waktunya untuk berselancar di internet atau media sosial (Medsos).

Tapi kita musti juga ingat bahwa status kita adalah 'muslimin-muslimat'. Secara bahasa 'Islam' berarti damai, sehingga Islam dan perdamaian adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Orang akan tergolong mengingkari nilai keislaman itu sendiri jika tidak mengedepankan perdamaian dengan sesama umat Islam dan juga seluruh manusia pada umumnya. 

Selain itu juga bahwa Islam adalah agama indah yang berperadaban tinggi. Bahkan sekecil urusan bersin aja ada adab dan akhlaknya. Nah maka tentu ber-medsos ini juga juga memilik adab atau akhlak yang harus kita terapkan. Sebagai cerminan, supaya kita tidak terlepas dari identitas kita dimanapun kita berada. Tidak hanya di dunia nyata, bahkan dunia maya. Dengan kata lain, keberadaan kita di dunia medsos pun harus menunjukkan bahwa kita adalah muslimin-muslimat pembawa perdamaian dan keindahan. 

Lalu gimana supaya medsos kita berakhlak? simak uraian ini πŸ‘‡πŸ˜ƒ

Untuk mengunduh Materi Khutbah ini, silahkan klik Tautan/link dibawah ini:πŸ‘‡πŸ˜ƒ

UNDUH KHUTBAH

Terima kasih, semoga bermanfaat...!!!!πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Ayo Kepo-in Rumbel yuks...!!

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Gambar 1: Penulis Nampang di Rumah Belajar
Hola sahabat semua, salam sehat dan juara yah!!!πŸ˜€ Btw, how are you all? Pada baik-baik and sehat selalu kan? Iya, semoga sahabat semua senantiasa okay and fine.πŸ‘πŸ˜πŸ™

Oiya sahabat edisi kali ini kita akan mengupas tentang ‘Rumah Belajar’. Udah pernah kan denger-denger apa itu Rumah Belajar. Yah, generasi Z yang kekinian mesti tau dong, tapi kalau enggak and plus gak mau ketinggalan, cek-cek postingan ini eh donk, hehhehe…πŸ˜ƒ

And surely, jangan lupa berlangganan dengan artikel di blog kami….! (hehehe ngiklan dikit).πŸ˜‡

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Tampilan awal  'Rumah Belajar' di desktop
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Tampilan awal  'Rumah Belajar' di layar HP (Handphone)

Oiya sahabat Rumah Belajar adalah sebuah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. 

Trus, emang di dalamnya ada apa aja sahabat? Wah, banyak sekali guys. Pokoknya Te O Pe Be Ge Te alias TOP Banget. Hehehe ngiklan yah…!!!

Jadi di Rumah Belajar itu ada beberapa kamar yah guys, eh salah….!! Ada beberapa fitur, yakni fitur utama dan fitur pendukung. Fitur utamanya antara lain: 

  • Kelas Maya, adalah sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.
  • Sumber Belajar, adalah fitur yang menyediakan berbagai macam konten sumber pembelajaran dengan media yang beragam seperti video, audio, laman multimedia interaktif.
  • Bank Soal, adalah fitur yang menyediakan ribuan soal untuk mengakses pemahaman dan kemampuan siswa yang telah dikategorikan sesuai dengan jenjang dari SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Selain itu, bagi para guru juga dapat membuat kuis atau ujian yang diperuntukan bagi siswanya masing-masing atau dibuka untuk umum.
  • Laboratorium Maya (Wuih keren banget sahabat ada Labnya). Laboratorium Maya mendukung guru untuk mendalami pemahaman terkait percobaan atau eksperimen sains yang biasanya dilakukan di laboratorium fisik. Fitur ini dapat dimanfaatkan guru sebagai suplemen atau subtitusi eksperimen fisik Eksperimen sains merupakan aktivitas yang menarik perhatian bagi siswa, untuk lebih mendalami pemahaman tentang fenomena sains yang abstrak. Kini, dengan Laboratorium Maya hal ini bisa dilakukan secara daring. Wah, asik kan?!!!

Sedangkan fitur pendukungnya antara lain:

  • Peta Budaya (Explore the beauty of Indonesia). Indonesia terkenal dengan keragaman budaya lokalnya. Sebanyak 264 juta populasi yang tersebar di 17 ribu pulau menciptakan beragam karakter baik dari budaya, bahasa, makanan, arsitektur, dsb. Nah, untuk mengetahui semua tentang budaya Indonesia, kita bisa mengeksplorasi fitur ini.
  • Buku Sekolah Elektronik, Buku Sekolah Elektronik atau (BSE) disediakan untuk memudahkan akses siswa pada buku-buku kurikulum. Buku yang ada di BSE dapat diunduh maupun dibaca secara daring dengan gratis.
  • Wahana Jelajah Angkasa (Wah, boleh nih rekreasi virtual ke angkasa). Dalam hal ini Pusdatin Kemendikbudristek bekerja sama dengan Microsoft untuk Pendidikan, Rumah Belajar menyajikan fitur untuk eksplorasi ruang angkasa. Dengan visualisasi 3D (3 Dimensi), siswa dapat melihat obyek luar angkasa seperti planet, bintang, galaxy, dan sebagainya. 
  • Karya Bahasa dan Sastra (Tempat nongkrongnya para pujangga dan penikmat seni), Disini merupakan showroomnya dimana kita bisa menemukan banyak karya seni, baik berupa prosa atau puisi. Untuk lebih jelas kunjungi fiturnya, guys, heheheh. 
  • Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Fitur ini diprioritaskan bagi Guru guna meningkatkan kompetensi diri dan profesionalisme. Melalui berbagai jenis pelatihan berjenjang secara online, diharapkan Guru dapat selalu memperbarui pengetahuan dan kompetensinya.
  • Edugame (Nah, sambil belajar bisa seru-seruan nih sahabat). Fitur ini menyediakan beragam permainan interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.
  • Augmented Reality (Wow, keren abis, Facebook aja udah transformasi ke Meta). Konten pembelajaran Augmented Reality merupakan media pembelajaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melihat obyek-obyek 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.
  • Blog Pena (Wahana mengasah kompetensi menulis). Blog Pena adalah ajang tempat mengaktualisasi diri dengan artikel ilmiah populer ataupun artikel ilmiah.

Penasaran ingin segera mengeksplorasinya guys, ayo come on klik link berikut iniπŸ‘‡:

R U M A H B E L A J A R

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Tampilan awal  'Rumah Belajar' di desktop atau Komputer
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Tampilan Fitur 'Sumber Belajar' dengan beberapa Konten Video
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Tampilan Fitur 'Sumber Belajar' dengan beberapa Konten Audio
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Tampilan fitur 'Laboratorium Maya' di layar Desktop
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Tampilan fitur 'Laboratorium Maya' di layar Desktop dengan interaktif mempraktikkan Persamaan Garis
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Tangkapan Layar Tampilan fitur 'Edugame'
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Screenshoot atau Tangkapan Layar Tampilan Homepage Fitur Bahasa & Sastra
Demikian info cool edisi kali ini sahabat, sampai ketemu di kesempatan berikutnya. Semoga bermanfaat. Salam Juara, jangan lupa belajar dan prokesnya yah....!!!πŸ˜·πŸ˜‰

Thursday, November 18, 2021

SRB Sulbar 2021: Belajar Bersama Mengenali Bahasa Isyarat

bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan huruf M dengan isyarat (Bisindo)
Halo apa kabar para sahabat sekalian?πŸ˜€πŸ˜ƒ 
Semoga para sahabat semuanya senantiasa dalam keadaan sehat. Aamiin. 

Oh ya apakah kalian pernah mendengar istilah bahasa isyarat?πŸ˜€ ya bahasa isyarat!😁 Bahasa ini digunakan oleh difabel, khususnya tuna rungu dan atau tunawicara. Di dalam wikipedia.org dikatakan bahwa bahasa isyarat adalah bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, bukannya suara, untuk berkomunikasi. Bahasa isyarat merupakan cara menyampaikan kata dan kalimat yang dilakukan dengan gerakan tangan dan ekspresi.

Tahukah sahabat semuanya, bahwa di Indonesia ada dua ragam jenis bahasa isyarat yakni BISINDO dan SIBI. Apa itu masing-masing dari keduanya? Penjelasannya adalah sebagai berikut:
A. BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia)
Bahasa isyarat ini lah yang sering ditemukan di kalangan Teman Tuli maupun Teman Inklusi pengguna bahasa isyarat. BISINDO dibentuk oleh kelompok Tuli dan muncul secara alami berdasarkan pengamatan Teman Tuli. Maka dari itu, BISINDO memiliki variasi “dialek” di berbagai daerah. BISINDO disampaikan dengan gerakan dua tangan.
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Abjad dalam BISINDO (Sumber: Yayasan Peduli Kasih ABK)
B. SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)
Sistem isyarat ini dibentuk oleh mantan kepala SLB yang merupakan orang dengar. SIBI diadopsi dari Bahasa Isyarat Amerika. SIBI telah diresmikan pemerintah, namun lebih sering digunakan pada pembelajaran di SLB. SIBI dianggap lebih sulit karena mengandung kosakata yang baku dan rumit, serta memiliki awalan dan akhiran.  Berbeda dengan BISINDO, SIBI disampaikan dengan satu tangan. 
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Abjad dalam SIBI (Sumber: Yayasan Peduli Kasih ABK)
Oiya, Sahabat, pada hari ini, Rabu tanggal 17 Nopember 2021 penulis pada kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yakni pelatihan Bahasa Isyarat Batch 2. Oh iya, kali ini yang penulis pelajari adalah yang ragam BISINDO. 

Ini merupakan pengalaman yang sangat menarik loh para sahabat!πŸ˜€ Karena dengan mengetahui bahasa isyarat, paling tidak kita bisa sedikit berkomunikasi dengan para difabel khususnya tunarungu dan tunawicara. Pada kesempatan ini penulis berkesempatan untuk belajar mengisyaratkan alfabet mulai dari a sampai z. Juga bahasa isyaratnya nama-nama hari dalam satu minggu. Juga bahasa isyaratnya bilangan-bilangan. 

Beberapa cuplikan atau screenshoot dari pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain:
Screenshoot pengumuman dan registrasi πŸ˜„
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Meeting di Zoom bersama para Narsum Hebat
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Sambil menyimak, sekaligus praktik bersama
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan isyarat huruf A
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan isyarat huruf B
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan isyarat huruf C
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan isyarat huruf W

Demikian laporan dari penulis. Semoga bermanfaat.πŸ˜„πŸ˜„πŸ™






Saturday, November 13, 2021

Menjajakan Golla Kambu kepada para Guru Hebat di SDN 019 Dampela

sosialisasi, pembatik, rumah belajar, SRB, sahabat rumah belajar, sulawesi barat, pembatik level 4
Penulis, Kepala Sekolah dan Dewan Guru SDN 019 Dampela

Hallo, salam jumpa sahabat  semuanya! semoga sahabat semuanya senantiasa dalam keadaan baik  dan sehat selalu. 

Pasti timbul pertanyaan kepada para sahabar. Apa itu golla kambu, dan kenapa dijajakan di sekolah-sekolah? Maka seperti yang sebelum-sebelumnya, tentu hal yang pertama yang harus penulis lakukan adalah menginformasikan atau memberitahukan tentang Apa itu 'Golla kambu'. Golla kambu adalah sejenis makanan tradisional yang berasal dari provinsi Sulawesi Barat, khususnya suku Mandar dan sekitarnya. Sehingga bisa dikatakan kan bahwa Golla kambu memiliki kekhasan dan identik dengan Sulawesi Barat. Pemanis yang digunakan untuk jenis makanan ini menggunakan gula aren. Oleh karenanya memiliki cita rasa yang khas gula aren. Gula ini dipercaya secara tradisional memberikan efek yang lebih baik daripada gula biasa. Dengan ini kami, para SRB dari kelompok III Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2021, menamakan kelompok kami. Kami menitipkan harapan, bahwa pembaTIK  dan Rumah Belajar akan manis dan laris disuka oleh banyak orang, seperti halnya golla kambu ini. . Dan Golla Kambu kami akronimkan dengan kepanjangan “Go obroLAn eduKatif, Asyik, Menarik, Berbudaya Unggul”. 

Di hari yang cerah itu, Rabu tanggal 10 November 2021, kami menjajakan 'golla kambu' ke salah satu SD yang berada di Desa Karave Kecamatan Bulutaba Kabupaten Pasangkayu. Pada siang yang cerah ini kami akan melakukan sosialisasi di SDN 019 Dampela. Sebagai penanggung jawab dan kepala sekolah di SD ini adalah bapak Jermias Faot, S.Pd. 

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Kedatangan Penulis di SDN 019 Dampela
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Sambutan para Dewan Guru di Satuan Pendidikan SDN 019 Dampela

Sesuai dengan koordinasi yang kami lakukan sebelumnya bahwa kami akan berkunjung dan melakukan sosialisasi pada jam 10.00 WITA, Maka untuk itu penulis datang ke sekolah tersebut, juga tepat pukul 10.00 WITA. Kami disambut oleh bapak kepala sekolah dan para guru. Setelah melaporkan tentang program atau kegiatan sosialisasi yang akan kami lakukan, serta sedikit ramah tamah, maka kegiatan sosialisasi pun segera dimulai. 

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Penerimaan oleh Kepala Sekolah, Bapak Jermias Faot, S.Pd

Dalam mengawali sosialisasi ini, materi pertama yang penulis sampaikan adalah mengenai akun pembelajaran belajar.id.  Akun Pembelajaran merupakan nama akun (User ID) yang bertanda dengan domain belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. Dengan Akun Pembelajaran, kita bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar.

Ini penting juga untuk disinggung karena menurut hemat penulis, masih banyak guru yang acuh dengan program ini. Mengingat juga bahwa masih rendahnya persentase angka aktivasi akun pembelajaran di daerah kami, dan umumnya di provinsi kami. Yakni masih berkisar di angka sekitar 33% untuk akun guru dan baru 19% untuk akun siswa. Padahal ini merupakan salah satu kebijakan strategis pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek dalam memajukan pendidikan kita. Untuk menyetarakan kualifikasi guru kita untuk setara dengan guru-guru yang lain di seluruh dunia. Sehingga, untuknya  pemerintah bekerja sama dengan Google, dan akhirnya terbitlah akun pembelajaran ini. Seharusnya,  guru dan tenaga kependidikan, menyambut program ini. sehingga sikap yang seharusnya muncul bukan sikap acuh tak acuh. Karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan akun pembelajaran ini. Tentu tidak lain adalah karena akun pembelajaran belajar.id adalah termasuk akun premium standar, yang mana dilengkapi dengan fitur-fitur yang tidak akan kita dapatkan apabila kita menggunakan akun google yang biasa. Diantara fitur-fitur istimewa tersebut antara lain:

  1. Unlimited storage (kapasitas penyimpanan tak terbatas) di Google drive.
  2. Tersedianya pilihan undang wali/ortu siswa, sehingga ortu bisa ikut berperan dan memantau kegiatan belajar anaknya di platform Google class room.
  3. Unlimited time video conference di platform Google meet jika kita ingin melakukan konferensi video.
  4. Fasilitas recording video conference gratis jika menggunakan google meet.
  5. Serta fitur-fitur istimewa lainnya yang tidak penulis sebutkan satu-persatu.

Kami (penulis -red) sampaikan kepada para peserta bahwa penulis juga sangat berharap bahwa untuk proses proses pembuatan akun simpatik sebagaimana poin sebelumnya, dapat menggunakan akun pembelajaran belajar.id. Sekalian juga bahwa proses SSO di akun SIM PKB Kemdikbud juga bisa dintegrasikan dengan akun pembelajaran belajar.id ini. 

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Presentasi Materi Tentang Akun Pembelajaran belajar.id
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Sesi tanya jawab, Sosialisasi PembaTIK, oleh Bapak Ibu Guru SDN 019 Dampeala

Setelah sesi pemaparan, maka berikutnya adalah praktek bersama untuk secara langsung mencari dan mengaktivasi akun pembelajarannya masing-masing. Pemateri memandu secara aktif kegiatan ini kurang lebih selama 45 menit. Pada sesi ini, alhamdulillah beberapa guru bahkan sudah bisa menjadwalkan pertemuan atau meeting di google meet.

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Praktek menemukan dan mengaktivasi akun pembelajaran
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Akfitas peserta antusias untuk menemukan dan mengaktivasi akun pembelajaran
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Salah satu peserta sosialisasi menunjukkan tangkapan layarnya

Dari kegiatan sosialisasi materi pertama ini pemateri/penulis berharap akan didapatkan output berupa angka prosentase aktivasi yang maksimal pada akun pembelajaran, khususnya di SDN 019 Dampela.

Selanjutnya adalah pemaparan materi kedua. Di materi kedua ini penulis mengulik tentang apa itu PembaTIK, apa manfaatnya, tentang tahapan pelaksanaan program pembaTIK, tentang DRB (Duta Rumah Belajar), tentang syarat dan ketentuan mengikuti program pembaTIK, dan lain sebagainya. Berdasarkan request dari para peserta, pemateri juga secara langsung mendemonstrasikan bagaimana cara mendapatkan/mendaftar akun untuk mengikuti program PembaTIK ini di akun simpatik dengan link : https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_2021. Pertama-tama penulis memberikan wawasan tentang semuanya terkait pembaTIK. Dalam hal ini mempresentasikan rangkaian slide mengenai membaTIK. Setelah selesainya sesi pemaparan/presentasi ini, maka selanjutnya adalah praktek langsung. Karena dengan praktik langsung ini, pemateri/penulis berharap besar bahwa kegiatan sosialisasi ini secara langsung mendapatkan output, yakni adalah berupa guru-guru yang langsung memiliki akun simpatik seusai dari mengikuti kegiatan Sosialisasi ini.

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Pemaparan Materi Kedua: Tentang PembaTIK dan akun simpatik
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Pemaparan lanjutan untuk materi kedua: Tentang PembaTIK dan akun Simpatik
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Para peserta antusias mempratekkan untuk membuat akun simpatik masing-masing
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Para peserta terus mengeksplorasi menu-menu dan fitur yang ada di portal simpatik kemendikbud

Kini tak terasa jarum jam sudah menunjukkan jam 01.00 siang. Maka penulis langsung lanjutkan untuk mempresentasikan materi yang ketiga. Materi yang ketiga adalah tentang Rumah Belajar serta fitur-fiturnya. Pada kesempatan ini pemateri/penulis mengupas tuntas tentang apa, bagaimana, manfaat, serta fitur-fitur Rumah Belajar. Baik mengenai fitur-fitur utama, seperti : Kelas maya, sumber belajar, bank soal, dan laboratorium maya, maupun terkait fitur-fitur pendukung, seperti: peta budaya, buku sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, karya bahasa dan sastra, pengembangan keprofesian berkelanjutan, blog pena, edugame, dan augmented reality. Pada kesempatan ini pemateri/penulis secara langsung juga mengajak para peserta untuk bisa langsung mempraktekkannya membuka satu persatu fitur-fitur tersebut. Tentu sebelum membuka, hal pertama yang harus dilakukan adalah login dulu di sistem. Untuk pengguna yang baru pertama kali membuka portal ini tentu tidak bisa langsung begitu saja membuka lamannya. Akan tetapi adalah harus membuat akun terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan ikut trial atau 'coba buka' dulu. Olehnya, maka sebaiknya langkah-langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik ‘Buat akun’, lalu mengisi semua daftar pertanyaan-pertanyaan yang ada di form pendaftaran user/pengguna baru. Tapi hal ini berbeda bagi pemegang akun pembelajaran, cara ini bisa menjadi lebih singkat. Karena bagi pemegang akun pembelajaran belajar.id kita cukup hanya klik login menggunakan akun pembelajaran saja. Tidak ada dan tidak perlu tetek bengek mengisi form segala macam. Maka penulis/pemateri sangat recommended dengan cara yang ini. Pada sesi materi ketiga ini para peserta terlihat masih sangat antusias, seolah mereka tidak merasa capek, bahkan  setelah waktu pelatihan berjalan hampir 3 jam. Sepertinya mereka sudah sabar untuk bisa langsung ‘menjajal’nya. Lalu berikutnya kami larut dalam keasyikan untuk mengeksplorasi semuanya tentang Rumah Belajar.

Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Presentasi materi ketiga: Tentang Rumah Belajar dan Fitur-fiturnya
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Peserta praktik membuka portal Rumah Belajar di gadgetnya masing-masing
Sosialisasi Golla Kambu, PembaTIK dan Rumah Belajar, oleh SRB Sahabat Rumah Belajar 2021 Provinsi Sulawesi Barat, PembaTIK Level 4
Para peserta praktek dan mengeksplorasi fitur-fitur Rumah Belajar

Dan adalah sama dengan materi sebelum-sebelumnya bahwa kegiatan ini juga harus mempunyai output yang nyata. Adapun output yang diinginkan atau yang hendak dicapai adalah, guru-guru sudah bisa membuat akun dan membuka portal rumah belajar. Bahkan kalau sudah siap untuk bisa memulai menggunakannya dalam praktik baik pembelajaran di dalam kelas. 

Akhirnya jarum jam menunjukkan pukul 14.00 WITA, menandai bahwa kegiatan ini harus disudahi. Meski masih banyak pertanyaan dan permasalahan yang dihadapi oleh para peserta. Kami mengagendakan untuk akan melakukan pendampingan pada hari-hari yang lainnya secara langsung melalui WA dengan para guru. Akhirnya kegiatan sosialisasi ini pun ditutup tepat pada pukul 14.05 WITA dengan membawa kesan yang luar biasa. Satu hal yang menjadi kendala bagi kami adalah keterbatasan atau naik turunnya kualitas koneksi internet. Besar harapan kami agar ini juga bisa menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan bagi pemerintah untuk menyediakan atau menfasilitasi ketersediaan sambungan atau koneksi internet berkualitas.

Adapun daftar hadir dari kegiatan sosialisasi ini adalah sebagai berikut:

Sementara itu dokumentasi videonya adalah sebagai berikut:
PS: Semua orang yang terlibat dalam pelaksanaan Sosialisasi ini, baik pemateri dan semua peserta nya sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, serta sebelum memasuki ruangan telah melewati pemeriksaan suhu tubuh, dan dipastikan tidak ada yang suspect covid-19