Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi nyata modul 2.3 coaching untuk supervisi akademik

Aksi nyata modul 2.3 coaching untuk supervisi akademik
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh dan salam jumpa kembali para sahabat hebat semua :-) By the way, apa kabar sahabat semua? Semoga pada baik dan sehat semuanya yah! Semoga kita semua senantiasa dalam ridha, lindungan dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Dzat Yang Maha Kuasa dan Maha Luas ilmu_Nya, aamiin aamiin aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

Sahabat hebat, bahwa ternyata sudah lebih dari 2 pekan kita saling bersua di blog ini, iyah dalam arti tidak ada postingan baru di blog ini. Dan pada kesempatan ini, meski agak lambat saya akan posting salah satu artikel sederhana saya mengenai dokumentasi kegiatan saya pada program pendidikan guru penggerak angkatan 6 ini. Namun sebelumnya di momen istimewa ini, karena bertepatan dengan bulan Ramadhan 1444 H, maka tentu saja saya juga ingin mengucapkan "Selamat menjalankan ibadah puasa, mari kita gapai berkah, rahmat dan ampunan_Nya dengan memperbanyak ibadah-ibadah lainya, taqaballahu minna wa minkum". Oiya sahabat, pada hari ini juga bertepatan dengan hari "Jumat Agung" sebagai rangkaian hari istimewa yang diperingati oleh sahabat-sahabat kristiani kita. Olehnya kami juga mengucapkan selamat memperingatinya dan selamat menyambut Paskah 2023. 

Kembali lagi mengenai karya sederhana yang akan saya share, sahabat, bahwa kali ini saya akan membagikan dokumentasi dari tagihan modul 2.3 khususnya pada sesi A dari rangkaian pembelajaran PGP yang terakronim pada M-E-R-D-E-K-A, yakni adalah Aksi Nyata. Bahwa Tujuan Pembelajaran Khusus dari kegiatan aksi nyata ini adalah kami, para CGP, dapat mempraktikkan rangkaian supervisi akademik dalam pembelajaran dengan menggunakan paradigma berpikir coaching dan melakukan refleksi terhadap praktik supervisi akademik tersebut. Jadi dalam hal ini, kami para CGP dituntut untuk dapat melakukan rangkaian supervisi klinis dan percakapannya dengan paradigma berpikir coaching secara langsung dengan rekan sejawat. Rangkaian supervisi klinis ini terdiri dari kegiatan perencanaan sebelum observasi (pra-observasi), observasi dan pasca observasi berupa praktik percakapan coaching yang memberdayakan.

Jadi, untuk lebih jelasnya, bahwa instruksi penugasan aksi nyata ini adalah bahwa kami harus melakukan praktik rangkaian supervisi klinis dengan percakapan coaching ini akan dilaksanakan di komunitas sekolah masing-masing CGP dengan rekan sejawat yang dihadiri pengajar praktik pada sesi pasca observasi di Pendampingan Individu 5. Berikut adalah panduan untuk persiapan aksi nyata:
  1. CGP akan melakukan praktik dengan rekan sejawat. CGP akan menjadi supervisor dan satu rekan sejawat menjadi guru yang akan diobservasi. Rekamlah kegiatan tersebut sebagai bukti pelaksanaan aksi nyata modul 2.3 ini, kemudian unggah ke kanal YouTube dan PMM Anda (pada menu Bukti Karya).
  2. CGP akan melakukan pra-observasi berupa percakapan mengenai bagian dari pembelajaran yang akan menjadi fokus pengembangan. Bagian ini direkam sebagai bahan pendukung penilaian dan refleksi CGP. Hasil rekaman diberikan kepada Pengajar Praktik.
  3. CGP melakukan observasi pembelajaran di kelas rekan sejawat. CGP membuat catatan lembar observasi sebagai data yang akan digunakan pada pasca observasi.
  4. Setelah mendapatkan data hasil supervisi, CGP akan melakukan sesi percakapan pasca observasi dengan dihadiri oleh Pengajar Praktik. Pada sesi ini, CGP mempraktikkan pemberian umpan balik berbasis coaching dan percakapan coaching (refleksi dan kalibrasi). Percakapan perencanaan juga dihadirkan sebagai bentuk perencanaan pengembangan diri guru kedepannya.
  5. Unggahlah dokumen yang digunakan pada kegiatan Aksi Nyata ini pada laman LMS, meliputi:
    Unduh dokumen: klik disini
  • Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas
  • Lembar Catatan Percakapan Pelaksanaan Observasi Kelas
  • Lembar Catatan Percakapan Pasca-Observasi Kelas
  • Lembar Rencana Pengembangan Diri
  • Lembar Refleksi Diri Latihan Coaching
  • Tautan Youtube (video aksi nyata)
  • Screenshoot (tangkapan layar) bukti Anda telah menambahkan video tersebut ke PMM Anda (pada menu Bukti Karya) sesuai petunjuk.
Dan berikut ini adalah video dokumentasi aksi nyata kami, khususnya dalam memenuhi tagihan dari tugas ini, yang mencakup kegiatan pra observasi, observasi (lengkap dengan alur TIRTA), dan pasca observasi;

Dan adapun dokumentasi catatan hasil pelaksanaan supervisi akedemik ini adalah sebagai berikut:
Demikianlah yang dapat saya haturkan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih and jangan lupa videonya di like, komen, dan subscribe (LKS) yah 😀🙏

Posting Komentar untuk "Aksi nyata modul 2.3 coaching untuk supervisi akademik"