Wednesday, March 25, 2020

Procedure Text: Pengertian, Struktur dan Contoh

Pengertian, struktur, tujuan dan ciri-ciri procedure text
Hi, dear English learners!

How are you? I do hope we all just fine and keep health in this kind of pandemic Covid-19. Sobat English learners, khususnya siswa saya kelas 9. As I told at the days before to read the basic competence on the chapter that we were going to learn. So, now I of course suppose that you all have known what the goal of our current English. Well, briefly pada postingan ini saya akan membagikan penjelasan singkat mengenai definisi, struktur dan contoh procedure text. Let's check it up!

Pengertian Procedure Text
Procedure Text adalah teks yang isinya berkaitan dengan cara membuat, melakukan, atau mengoperasikan sesuatu secara berurutan ( dalam langkah langkah yang teratur mulai dari awal sampai akhir ).

Tujuan Procedure Text
Tujuan komunikatif procedure text adalah menggambarkan bahwa sesuatu yang dikerjakan sesuai dengan aturan melalui langkah – langkah yang jelas dan teratur. Dengan kata lain, jenis teks ini memberikan petunjuk cara – cara melakukan sesuatu dengan menempuh urutan yang benar.

Generic Stucture of Procedure Text
Procedure text memiliki skema susunan umum atau generic structure diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Goal/Aim (Tujuan) Goal atau aim berarti tujuan dalam pembuatan atau peng- operasian sesuatu.
  2. Materials (Bahan-Bahan) Materials adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan sesuatu. Namun demikian, terdapat pula Procedure Text yang tidak memerlukan bahan-bahan. Seba¬gai contoh, “How to use the computer.” (Bagaimana cara menggunakan komputer).
  3. Steps (Langkah-Langkah) Bagian ini memuat langkah-langkah atau urutan yang harus dilakukan agartujuan dapat tercapai. Sebagai catatan, pada Procedure Text berupa How to biasanya tidak menyebutkan (menyertakan) materi.yang dibutuhkan (material needed).
Namun demikian ada 3 jenis Procedural Text yang tidak menggunakan bagian materials.
  1. Procedure Text yang menjelaskan bagaimana bekerja atau cara melakukan instruksi secara manual contohnya, How to use video game, the computer, the tape recorder, the fax, dan sebagainya. 
  2. Procedural Text yang menginstruksikan bagai-mana melakukan aktivitas-aktivitas tertentu serta peraturannya. Contohnya, road safety rules, video game rules, dan sebagainya. 
  3. Procedural Text yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. Contohnya, How to live happily, atau How to succeed, dan sebagainya.
Bentuk-Bentuk Procedural Text
Procedural Text dapat digunakan dalam bentuk recipes/ cookbooks, craft instructions, game rules, science experiments/ report, dan sebagainya.

Ciri Ciri Procedure Text
  1. Menggunakan pola kalimat imperative (perintah), misalnya, cut, don’t mix, dan sebagainya;
  2. Menggunakan action verbs, misalnya turn, put, don’t, mix, dan sebagainya;
  3. Menggunakan connectives (kata penghubung) untuk mengurutkan kegiatan, misalnya then, while, dan sebagainya.
  4. Menggunakan adverbials ( kata keterangan ) untuk menyatakan secara rinci waktu, tempat, serta cara yang akurat, misalnya for five minutes, 2 hours, dan sebagainya.
  5. Menggunakan simple present tense.
  6. Biasanya menggunakan penomoran, firstly, secondly, next, then, dan sebagainya.
  7. Menjelaskan bahan bahan yang ada, walaupun tidak harus selalu ada.
Untuk lebih jelasnya simaklah video berikut!
Atau ini,


0 comments:

Post a Comment