Tuesday, May 19, 2020

Let's Have Fun with Music: Materi Bahasa Inggris untuk Kelas 8


Fun with singing: bergembira dengan menyanyi SMPN 02 Lariang
Hi guys and girls, how are you? Ain't you all just fine? Yeah I hope so. Iya tidak terasa hari demi hari berlalu dan kita sudah kurang lebih 2 bulan menjalani #BDR yaitu belajar dari rumah in case of Covid-19. I just hope that these all don't decrease your spirit in learning. Bahkan dengan itu justru, saya berharap, bisa melecut semangat kita untuk lebih giat lagi belajar.

Barangkali ada beberapa yang ketersediaan sinyal ataupun paket datanya kurang memadai, akan tetapi saya berharap itu pun tidak menyurutkan semangat kita untuk terus belajar. Karena sesungguhnya belajar itu tidak hanya di sekolah, tidak terbatas oleh dinding-dinding sekolah. Akan tetapi belajar itu bisa dimana saja, dengan siapa saja dan kapan saja.

Ouh iya guys and girls, edisi kali ini adalah Edisi terakhir dari materi kelas 8 kita. Setelah ini maka kita akan bersiap-siap untuk mengikuti ulangan kenaikan kelas. Kembali lagi, di edisi terakhir ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang tertuang dalam Permendikbud No 37 Tahun 2018, maka Kompetensi Dasar dari pembelajaran kita adalah :

3.13 menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs,
4.13 menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.

Sehingga, dapat dirumuskan bahwa tujuan pembelajaran kita adalah bahwa setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: 
  • Menirukan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs secara lisan
  • Mengidentifikasi fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs 
  • Menyebutkan pesan yang terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.
Well guys and girls, before we start this lesson, it is better to do pray first, wish the Almighty God blesses us all, and then granted us by understanding all the materials learned here.

All dear my English learners, untuk mempermudah pembelajaran ini saya sudah embedded beberapa contoh lagu recommended sebagaimana yang ada di handbook. Silahkan cek dan dinikmati satu persatu yah guys and girls. Pokoknya bakal asyik banget  :-) :-) :-)

1. Alone, by Alan Walker

2. I Believe I can Fly, by R. Kelly

3. Lean on Me, by Bill Withers

4. Postman Pat

5. We are the Champions, by Queen

6. Everyday, by Bon Jovi

7. Rise Up, by Beyonce

8. London Bridge

9. Mother How are You Today

10. When You Believe, by Mariah Carey

Bagaimana kids, sudah disimak dan dinikmati semua lagu-lagunya? Lagu yang mana yang paling berkesan buat kalian? Apa isi/pesan yang hendak di sampaikan oleh penulis/penyanyi lagu tersebut? Saya yakin kalian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, iya kan?? :-) :-) :-)

Oiya my dear kids, untuk pengembangan diri dan lebih memperkaya referensi perbendaharaan kosakata dan tata bahasa kalian, kalian pun sangat boleh (atau bahkan sangat saya anjurkan) untuk menyimak dan menganalisis lagu-lagu berbahasa Inggris yang lainnya! :-)

Oiya all my dear kids, lalu tibalah kini pada sesi penilaian. Untuk penilaian bab ini tidak melalui test soal seperti biasanya. Akan tetapi kalian bisa menyanyikan sebagian syair dari lagu favorit kalian live di facebook dan men-tag akun saya. 

Bagaimana kids, semua sudah jelaskan? Bila ada yang kurang jelas atau ingin bertanya sesuatu, silahkan menuliskannya di kolom komentar atau japri di akun FB messenger saya. :-)

Good luck guys, cherio ......:-):-):-)




0 comments:

Post a Comment