Thursday, November 4, 2021

Cara Setting Vicon untuk e-Pembelajaran Synchronous: Day 4 Kegiatan Coaching SRB 2021 Sulbar

drb, srb, pusdatin, kemdikbud, sahabat rumah belajar, level 4, sulbar
Pak Hilman Sang Host

Hari ini, Kamis tanggal 4 November 2021 adalah Coaching Hari Ke-4 oleh para pemateri hebat untuk para SRB 2021 Provinsi Sulawesi Barat. Kehebatan dan kekompakan Sang Host Mr. Hilman Paturusi dan Pemateri Pak Muhammad Ilham masih tetap menghipnotis kami semua. Materi hari ini adalah mengenai "Pembelajaran Kolaboratif dengan Aplikasi Vicon".


pusdatin, kemdikbud, drb, srb, pembatik, sulawesi barat, sahabat rumah belajar, rumah belajar
Pak Ilham Sang Pemateri

1. Menerapkan Konferensi Video (Vicon) dalam Pembelajaran

A. Google meet

Untuk melakukan Vicon sebaiknya para guru menggunakan akun pembalajaran belajar.id, bukan akun biasa. Kenapa demikian? Karena dengan menggunakan akun pembelajaran belajar.id artinya kita menggunakan akun premium, yang mana kita bisa mendapat fitur-fitur premium. Fitur-fitur ini akan terkunci bila kita menggunakan akun google yang biasa. Dengan menggunakan akun pembelajaran ini, misalnya, kita bisa menggunakan fasilitas-fasilitas unlimited seperti unlimited time atau waktu yang tidak terbatas untuk google meet. Dan jumlah peserta meeting sampai 100 orang lebih. Selain itu juga ada juga fitur recording bila kita menggunakan akun pembelajaran belajar.id pada vicon menggunakan google meet. Untuk penyimpanan, google drive dengan akun pembelajaran menawarkan storage dengan kapasitas tidak terbatas.

Pada sesi ini pemateri juga mengulik tentang manfaat-manfaat serta optimasi akun pembelajaran. Misalnya di GCR (Google Class Room), misalnya pada saat siswa menggunakan akun pembelajarannya maka akan ada menu untuk mengundang wali/orang tua untuk bisa ikut bersama-sama memantau di kelas. Sementara jika para siswa menggunakan akun biasa maka menu itu tidak akan muncul.

Pak Hilman Sang Host Menjelaskan Tentang GCR

Selanjutnya pemateri menjelaskan tentang cara men-setting vicon (konferensi video) dengan menggunakan google meet. Cara settingnya adalah dengan menggunakan agenda vicon terjadwal di google calendar. Dengan cara ini, berarti langkah utama yang dilakukan adalah denngan membuka google calendar. Ada banyak pengaturan-pengaturan yang bisa kita tambahkan terkait pengingat, pengulang dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah membuat Ruang Konferensi Video (Meeting Room)

  • Klik tombol New Meeting, Pilih Jadwalkan di Google Kalender
  • Akan ditampilkan halaman Google Kalender, untuk mengisi jadwal konferensi video

Yang harus diisi pada halaman Google Kalender, antara lain:

  1. Isikan dengan topik pertemuan konferensi video
  2. Pilih tanggal dan jam pelaksanaan
  3. Tautan Konferensi video yang nanti akan dibagi ke peserta konferensi video
  4. Tambahkan akun belajar.id peserta konferensi video atau akun gmail pribadi
  5. Atur pemberitahuan sebelum pelaksanaan sebagai pengingat kita
  6. Tambahkan deskrepsi konferensi video atau file undangan
  7. Jika semua pengaturan sudah sesuai klik Tombol menyimpan

  • Copy tautan konferensi video pada point 3 untuk di bagi ke peserta konferensi video melalui sambungan komunikasi yang dimiliki pendidik dan peserta didik.
  • Jika peserta konferensi video diundang melalui Google kalender maka peserta dapat melihat undangan melalui email di di akun belajar.id atau google kalender masing-masing.
Pak Ilham Sang Master menjelaskan tentang seeting Vicon

B. Pengelolaan Konferensi Video meggunakan Zoom

1. Akun Pengguna

Tuan Rumah/Host wajib memiliki akun Zoom untuk dapat memanfaatkan semua fitur yang ada di aplikasi konferensi video zoom. Pada materi sebelumnya sudah dibahas kelebihan dan kekurangan akun gratis dan akun berbayar.

Langkah-langkah mendaftar ke Zoom

  • Akses ke https://zoom.us/
  • Klik tombol Daftar, Gratis
  • Isi data sesuai form isian kemudian klik tombol Terus
  • Kalau Anda sudah memiliki akun belajar.id atau gmail pribadi, klik tombol Google
  • Pilih akun belajar.id atau akun gmail yang akan Anda gunakan
  • Klik tombol Buat Akun
  • Jika berhasil daftar akan ditampilan halaman Zoom

2. Membuat Ruang Konferensi Video

Setelah berhasil membuat akun Zoom berikutnya tuan rumah/host membuat ruang konferensi video. Langkah-langkah membuat ruang konferensi video:

  • Klik tombol jadwalkan rapat

       Isian pengaturan rapat:

  1. Tema            : Tuliskan dengan judul atau topik pertemuan
  2. Keterangan  : Tuliskan diskripsi pertemuan (pilihan)
  3. Kapan          : Pilih tanggal dan waktu pelaksanaan [Jam 00.00-11.59 menggunakan AM atau ante meridiem dan Jam 12.00-23.59 menggunakan PM atau post meridiem ]
  4. Durasi          : Pilih durasi yang dibutuhkan, untuk akun yang gratis dibatasi maksimal 40 menit.
  5. Zona Waktu : Pilih sesuai zona waktu di tempat (WIB : GMT + 7.00) (WITA : GMT + 8.00) ( WIT : GMT + 9.00)
  6. Keamanan (kode sandi): System akan memberikan kode sandi namun Anda dapat mengubah kode sandi tersebut.

  • Pengaturan berikutnya

         Isian pengaturan berikutnya:

  1. Keamanan (kode sandi) : Sistem akan memberikan kode sandi namun Anda dapat mengubah kode sandi tersebut.
  2. Ruang Tunggu               : Pilihan bisa di aktifkan atau tidak, jika diaktifkan maka peserta tidak bisa langsung bergabung di konferensi video, peserta harus di setujui untuk dapat bergabung.
  3. Video Tuan Rumah/Host: Pilihan ON/OFF
  4. Video Peserta                  : Pilihan ON/OFF
  5. Opsi Rapat                      : Isian pada fitur ini disesuaikan dengan kebutuhan

  • Setelah semua pengaturan sesuai dengan kebutuhan klik Tombol Menyimpan
  • Berikunya Anda harus berbagi tautan atau kode ruangan ke peserta konferensi video dengan Klik menu salin undangan.

Untuk lebih jelasnya lihatlah cuplikan berikut ini:

Sumber: Modul 16 E-Pembelajaran Kolaboratif dengan Aplikasi Vicon

Setelah pemaparan dirasa cukup, sesi selanjutnya adalah presentasi.

Presentasi Pertama oleh Kelompok Jekka yang di wakili oleh Pak Abdullah Tager. Jekka adalah salah satu jenis permainan tradisional yang ada di Sulawesi Barat yang mulai punah. Alat utama/bahan utama permainan ini adalah bambu atau kayu. Di dalam bahasa Indonesia jekka di sebut juga dengan egrang. Dengan mengangkat tema ini mereka berharap bisa ikut berperan dalam melestarikan permainan tradisional ini.

Gambar Anak Bermain Jekka

Presentasi Kedua oleh kelompok Baje Mammis yang di sampaikan oleh Pak Rudianto. Sementara Presentasi RTL oleh Pak Idris. Baje adalah nama salah satu makanan tradisional dari Sulawesi Barat, sementara Mammis berarti manis. Makanan ini bercita rasa manis dan punya tampilan yang khas dengan pembungkus berupa bahan dari bahan organis daun. Dengan ini, maka tema ini membawa pesan filosofis bahwa Rumah Belajar akan senantiasa dicari dan dirindukan oleh masyarakat sebagaimana juga keberadaan baje ini.

Flyer Kelompok Baje Mammis

Persentasi Ketiga adalah Presentasi dari kolompok penulis. Sebagai penyaji atau presenter tentang flyer adalah Penulis sendiri (Ahmad Zaini SRB 2021 Sulawesi Barat dari Kabupaten Pasangkayu). Nama kelompok kami adalah kelompok Golla Kambu (dengan akronim Go Obrolan Edukatif, Kreatif, Asyik, Menarik, Berbudaya Bersama Rumah Belajar). Ini adalah jenis penganan tradisional dari daerah Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Jenis penganan ini sudah lumayan dikenal di sampai di ibu kota. Bahan utama dari penganan ini adalah gula aren, serta dicampur dengan bahan-bahan yang lainnya sehingga tersaji rasa yang khas. Harapan yang kami dengan pemilihan nama ini adalah bahwa Rumah Belajar akan familiar dan sangat memasyarakat sebagaimana Golla Kambu, juga Rumah Belajar akan bercita rasa manis semanis Golla kambu. Dengan ini semua sehingga Rumah Belajar akan disuka oleh siapa saja. Bahkan bila ada orang tidak suka dengan Bolla kambu maka akan ada statemen bahwa orang itu pasti s***t. Sebagaimana Golla kambu, bila ada orang yang tidak suka dengan Rumah Belajar, maka berarti dia sedang s***t.πŸ˜ŠπŸ™

Adapun presentasi RTL disampaikan oleh Ibu Herlina Idris. 

pusdatin, kemdikbud, drb, srb, pembatik, sulawesi barat, sahabat rumah belajar, rumah belajar
Flyer Kelompok Golla Kambu

Presentasi RTL Oleh Kelompok Golla Kambu

Presentasi Keempat oleh kelompok Jepa (Jelajah Edukasi Pembelajaran Aktif). Presentasi flyers oleh Ibu Ruth. Bahwa secara kekinian jepa sudah dimodifikasi bahwa tidak semata dimakan bareng ikan, akan tetapi bisa dikolaborasikan dengan jenis makanan-makanan kekinian, seperti cokelat, keju, dan lain sebagainya. Maka demikian pula Rumah Belajar. Besar harapan kami bahwa Rumah Belajar kan terus berkembang dan bermodifikasi sehingga dia tidak akan ketinggalan zaman.

Sementara itu, yang mempresentasikan RTL nya adalah Pak Hasrullah.

Flyer Kelompok Jepa

Sesi terakhir adalah foto bersamaπŸ˜ŠπŸ™

Sesi foto bersama





Location: Sulawesi Barat, Indonesia

0 comments:

Post a Comment