Wednesday, November 3, 2021

Coaching Day 2, PembaTIK Level 4 Provinsi Sulawesi Barat


Luar biasa, aura yang kami rasakan masih sama seperti hari-hari sebelumnya. Yakni adalah ketika kami memasuki ruangan Zoom untuk mengikuti Coaching kedua pembaTIK Level 4 atau SRB (sahabat rumah belajar) Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021.

Kegiatan hari kedua ini ini dipandu oleh guru inspiratif DRB (Duta Rumah Belajar) 2020 Provinsi Sulawesi Barat, beliau adalah Bapak Hilman Paturusi. Sementara itu yang menjadi narasumber pada kesempatan ini adalah beliau Sang Sultannya BLOG Sekaligus DRB 2018 Provinsi Sulawesi Barat yaitu bapak Muhammad Ilham. 

Hilman
Bapak Moderator (DRB 2020 Sulbar)

Kolaborasi yang sangat manis dan apik dari beliau berdua memberikan nuansa penuh inspirasi kepada kami semua para peserta kegiatan, yakni para SRB 2021 Provinsi Sulawesi Barat. Materi pada hari kedua ini masih sangat erat kaitanya dengan materi sebelumnya. pada tahap awal kami membahas tentang hasil diskusi kelompok kecil yang menjadi tugas dari dari kegiatan satu hari sebelumnya. Pada kesempatan ini ini, kami para peserta diberikan kesempatan untuk mengeksplor atau menuliskan tentang kata kunci atau sub tema yang akan menjadi atau yang akan kami angkat menjadi subtema dari pada kelompok kami. Kami para peserta dipersilahkan untuk mengetikkan secara langsung hasil dari pada diskusi kami, yakni kata kunci itu itu langsung secara real-time melalui laman www.mentimeter.com. Setelah semua kelompok, atau bahkan ada juga yang secara pribadi mengemukakan atau menuliskan teks lainnya di papan mentimeter yang sudah dibagikan. Maka selanjutnya adalah presentasi dari masing-masing kelompok atau pribadi yang bersangkutan untuk memaparkan tentang kata kunci atau teks lain yang telah dipilihnya. baik itu mengenai filosofinya dan keterkaitannya dengan tema utama kami pada kegiatan Pembatik level 4 yakni berbagi dan berkolaborasi bersama di rumah belajar.

mentimeter, DRB, SRB Sulbar, pembaTIK
Eksplorasi Ide di menti.com

Setelah sesi ini selesai, kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi yang begitu sangat luar biasa yang dibawakan oleh sang Sultan blog Sulawesi Barat. beliau memaparkan banyak sekali materi mengenai pembuatan blog, setting atau pengaturannya, tentang optimasinya, serta Bagaimana cara mengatur SEO supaya kita bisa menduduki halaman pertama pada pencarian Google. selain daripada itu juga dibahas secara detail mengenai Bagaimana blog ini harus menjadi media dan wadah bagi para SRB untuk menuangkan dan berbagi ide-idenya. Sehingga nantinya semua kegiatannya mulai dari coaching,  si sosialisasi, pembuatan Vlog, dan lain sebagainya akan terdokumentasi secara Apik dan rapi di dalam blog ini. karena nantinya yang akan menjadi penilaian utama pada kegiatan ini,  para penilai akan berkunjung dan menilai tata letak struktur serta kelengkapan daripada blog ini. 

Selain tentang blog, narasumber juga menjelaskan secara detail mengenai pemanfaatan media sosial bagi para SRB untuk berbagi. Mengenai apa-apa, mengenai kiat-kiat, apa yang boleh di-upload, dan apa yang tidak boleh di-upload karena media sosial kita pada saat ini adalah sudah menjadi media sosial SRB yang harus mampu menunjukkan atau merefleksikan daripada guru-guru berkualifikasi Unggul. Beliau juga mengupas tentang netiket, yaitu etiket atau etika (norma / tata krama) yang selayaknya diikuti oleh para netizen ketika mereka sedang bersosial media di dunia maya. 

Screenshoot Presentasi Pak Ilham DRB 2018

Tangkapan layar Materi Tentang Blog


Screenshoot RTL

Sesi Akhir Foto Bersama

Selanjutnya pada akhir sesi kami mendiskusikan tentang RTL atau Rencana Tindak Lanjut yang harus kami susun sebelum nantinya kami laksanakan setelah selesainya kegiatan coaching ini. Dalam kesempatan ini, narasumber mempersilahkan beberapa srb untuk menampilkan atau menunjukkan rtl yang telah beliau susun, sehingga nantinya ini bisa menjadi inspirasi bagi SRB-SRB yang lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat....


Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment