Sunday, November 7, 2021

Diary 1: Planning Road to Webinar Sosialisasi pembaTIK & Fitur-fitur Rumah Belajar

obrolan, sharing idea, berbagi ide
Obrolan sharing idea
Hallo sahabat semua :-) berjumpa lagi dengan penulis, apa kabar semuanya? Semoga senantiasa baik dan sehat selalu. Pada edisi kali ini, hari Jumat tanggal 5 November 2021 saya akan menulis tentang dokumentasi saya dalam melaksanakan tugas-tugas pembaTIK Level 4 atau SRB (Sahabat Rumah Belajar).

Dengan berakhirnya kegiatan Coaching pembaTIK Level 4 kemarin (Kamis, 4 November 2021-red) bukan berarti usai sudah rangkaian kegiatan-kegiatan kami sebagai SRB. Bahkan ini malah merupakan sebuah awalan untuk action. Ada banyak tagihan-tagihan yang mesti kami tunaikan secepatnya. Atau paling tidak paling lambat adalah tanggal 11 November 2021. Diantara tagihan-tagihan kami antara lain adalah: (1) Membuat Blog, (2) Membuat vlog tentang best practice kami di dalam kelas dengan memanfaatkan fitur-fitur Rumah Belajar, dan yang (3) adalah melakukan sosialisasi baik secara tatap maya atau tatap muka. Alhamdulillah, untuk kegiatan sosialisasi tatap muka penulis rasa kondisi nya sudah sangat memungkinkan dan sudah lumayan kondusif (terkait covid19). Ini terkait 0% kasus covid19 di daerah kami. Juga alhamdulillah bahwa pelaksanaan vaksinasi covid19 sudah lumayan maksimal. Kekondusifan ini didukung lagi dengan fakta bahwa sudah 98% tenaga guru dan tenaga kependidikan di sekolah-sekolah di sekitar kami sudah mendapatkan vaksinasi, pun demikian peserta didik nya. 

Sebagai follow up dari pada coaching kemarin, maka penulis langsung tancap gas untuk melakukan koordinasi. Koordinasi tercepat yang bisa dilakukan adalah koordinasi virtual, karena tidak memakan jarak dan bisa dilakukan kapan saja. Maka dimulai dari usai nya kegiatan kemarin (Kamis, 4 November 2021 sekitar jam 13.00 WITA) maka penulis langsung berkoordinasi dengan beberapa teman guru dari daerah lain yang ketepatan juga menjadi SRB (Sahabat Rumah Belajar) di daerahnya masing-masing. Adapun untuk pelaksanaan koordinasi secara tatap muka dengan stake holder di sekolah-sekolah sekitar, penulis rencanakan nanti hari Senin dan Selasa (tanggal 8 dan 9 November 2021).  

Untuk koordinasi virtual, maka yang pertama kali penulis hubungi adalah Ibu Putu Ayu Desi Wilandari (SRB Provinsi Bali) dan yang kedua adalah Bapak Budi Santoso (SRB Provinsi Maluku). Melalui WhatsApp dan meeting di Gmeet akhirnya di dapat kesepakatan untuk melaksanakan Sosialisasi pada hari Ahad, tanggal 7 November 2021 pada pukul 19.00 - 22.00 WITA. Sosialisasi tersebut kami kemas dengan title “Online Webinar: Berbagi & Berkolaborasi Bersama di Rumah Belajar”. 

kolaborasi, screenshoot, tangkapan layar
Tangkapan layar dialog koordinasi untuk kolaborasi

Tangkapan layar dialog koordinasi untuk kolaborasi

Pada kesempatan koordinasi itu alhamdulillah kami mendapatkan satu lagi partner hebat yakni Pak I Putu Putra Parmadi (SRB Provinsi Bali). Sehingga kami akan berkolaborasi 4 (empat) orang, yaitu (1) Penulis sendiri (Ahmad Zaini SRB Provinsi Sulawesi Barat), (2) Ibu Putu Ayu Desi Wilandari (SRB Provinsi Bali), (3) Bapak Budi Santoso (SRB Provinsi Maluku), dan (4) Pak I Putu Putra Parmadi (SRB Provinsi Bali). 

Selanjutnya yang kami lakukan adalah pembagian Job Description. Mengenai hal ini, keputusan kami bahwa sosialisasi akan kami lakukan royongan/bersama-sama, jadi tidak ada yang spesifik sebagai moderator, narasumber dan lain sebagainya. Dengan kata lain, sejalan dengan sub tema penulis (DRB Sulbar) bahwa Sub tema kami adalah Golla Kambu (Go Obrolan Edukatif, Kreatif, Asyik, Menarik, dan Berbudaya Bersama Rumah Belajar), maka acara ini kami kemas dalam bentuk Obrolan. Kami kemas demikian adalah agar kegiatan sosialisasi ini lebih terkesan santai, mengingat pelaksanaannya juga pada jam malam. Mengapa harus malam, ini juga karena titik temu kami berempat supaya semua masing-masing berkesempatan adalah waktu malam, dan juga sudah mendekati hari raya Umat Hindu. Job description selanjutnya adalah bahwa Bu Desi akan mengemas kuis pra-kegiatan untuk menggali info awal tentang peserta sosialisasi. Beliau juga bertanggung jawab mengemas kuis-kuis lainnya ketika dan setelah acara berlangsung, untuk mengukur tingkat pemahaman peserta. Kuis-kuis ini akan dikemas manarik dengan platform quizizz (karena kebetulan Ibu Desa Desi juga merupakan berkualifikasi sebagai Quizizz Super Trainer). Kami juga menyediakan doorprize bagi peserta terbaik yang berhasil mendapatkan poin. Job description berikutnya adalah penulis sendiri yang akan meng-admin kegiatan. Mulai dari pembuatan e-formulir, Google Calendar for Gmeet, flyer, grup WA, dan lain sebagainya sampai flyer beserta kata-kata pengiringnya siap di blasting di media sosial. Dan, alhamdulilah, pada hari (Jumat, 5 November 2021) pagi setengah siang (pukul 11-an WITA), semua sudah ready dan kami blast di beberapa platform medsos seperti FB, WA, IG, Twitter dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tangkapan layar flyer, serta penyebarannya di beberapa media sosial penulis. 

flyer, pendaftaran, registrasi, webinar, pembatik, rumah belajar
Flyer Online Webinar Sosialisasi

screenshoot, facebook, flyer sosialisasi
Screenshoot Sharing info di FB

screenshoot, ig, instagram, flyer, pembatik
Screenshoot Sharing info di IG

pembatik, srb, level 4
Screenshoot Sharing info di Twitter

pembatik, pusdatin, level4
Screenshoot Sharing info di WhatsApp

Mohon doa dan dukungannya yah kawan-kawan, semoga acaranya dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan😊🙏. Untuk mendaftar silahkan klik link dibawah ini👇:

D  A  F  T  A  R

Demiakianlah diary kami, terima kasih sudah membaca….!!!💓💓

Location: Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Indonesia

0 comments:

Post a Comment