Tuesday, November 23, 2021

Etika atau Akhlak Ber-Medsos bagi Muslimin-muslimat

Khutbah Jumat, Khutbah Jum'at, Etika bermedsos, media sosial, facebook, twitter, youtube, instagram
Gambar Ilustrasi Ber-Medsos (Sumber https://pxhere.com/)

Dunia terus berkembang, seiring dengan kemujuan dibidang teknologi informasi, termasuk salah satunya adalah cara berkomunikasi kita. Dulu kala banyak orang harus menempuh jarak nan jauh untuk bisa bercakap-cakap dengan orang lain di luar daerah. Atau harus menggunakan sambungan telepon antar daerah (SLJJ) dengan ongkos yang lumayan mahal. Apalagi kalau melalukan panggilan antar negara atau telpon keluar negeri. Tagihan omgkosnya bisa bikin pingsan. Sekarang, teknologi memfasilitasi umat manusia untuk kian mudah menjalin komunikasi hanya melalui perangkat di genggaman tangan, yakni handphone. Situasi ini melanda hampir semua orang di berbagai belahan dunia, tidak pandang agama, wilayah geografis, suku, ras, dan etnis. Kehadiran media sosial kian mempermudah lagi. Dalam hitungan detik kita sudah bisa berinteraksi dan berkirim pesan melalui tulisan, suara, gambar, bahkan video ke orang di belahan dunia lain.

Luas bumi yang mencapai lebih dari setengah miliar kilometer persegi seolah mengkerut. Informasi beredar secara instan, kehidupan sosial banyak bergeser ke dunia maya, dan sebagian orang bahkan rela menghabiskan separuh waktunya untuk berselancar di internet atau media sosial (Medsos).

Tapi kita musti juga ingat bahwa status kita adalah 'muslimin-muslimat'. Secara bahasa 'Islam' berarti damai, sehingga Islam dan perdamaian adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Orang akan tergolong mengingkari nilai keislaman itu sendiri jika tidak mengedepankan perdamaian dengan sesama umat Islam dan juga seluruh manusia pada umumnya. 

Selain itu juga bahwa Islam adalah agama indah yang berperadaban tinggi. Bahkan sekecil urusan bersin aja ada adab dan akhlaknya. Nah maka tentu ber-medsos ini juga juga memilik adab atau akhlak yang harus kita terapkan. Sebagai cerminan, supaya kita tidak terlepas dari identitas kita dimanapun kita berada. Tidak hanya di dunia nyata, bahkan dunia maya. Dengan kata lain, keberadaan kita di dunia medsos pun harus menunjukkan bahwa kita adalah muslimin-muslimat pembawa perdamaian dan keindahan. 

Lalu gimana supaya medsos kita berakhlak? simak uraian ini 👇😃

Untuk mengunduh Materi Khutbah ini, silahkan klik Tautan/link dibawah ini:👇😃

UNDUH KHUTBAH

Terima kasih, semoga bermanfaat...!!!!😃😃

Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment