Wednesday, November 3, 2021

Serunya Coaching Day 3 pembaTIK Level 4 Provinsi Sulawesi Barat


Pemateri Coaching SRB Sulbar 2021
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah puji syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala serta salawat salam senantiasa kepada ada Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam. Pada hari ini ini Rabu tanggal 3 November 2021 kami berhasil menuntaskan untuk mengikuti Coaching pembaTIK Level 4 untuk para SRB Provinsi Sulawesi Barat. Ibarat tidak lekang oleh waktu, bahwa kolaborasi apik antara Bapak Muhammad Ilham dan Bapak Hilman Paturusi senantiasa mampu membawa dan menghadirkan aura penuh inspirasi, dan nuansa antusiasme yang hebat. Sehingga walaupun ini pertemuan yang ketiga, akan tetapi serasa seperti pertemuan pertama. Kehangatan dan kerenyahan mereka dalam menghandle kegiatan menunjukkan pengalaman yang mumpuni serta kematangan beliau-beliau akan kecakapan public speaking mereka. Sehingga, oleh karenanya, waktu 3 jam tidak terasa lama bahkan dahaga keilmuan kami belum terpuaskan atau tertuntaskan oleh waktu yang 3 jam tersebut. Hal ini ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta atau para SRB. Ini merupakan indikator bahwa para SRB begitu antusias untuk mengikuti kegiatan coaching ini.

Tangkapan layar 1: Bpk Sultan Blog dan DRB 2018

Tangkapan layar 2: Bpk DRB 2020 Prov. Sulbar

Tangkapan layar 3: Pak Hafidz Bestari Pusdatin

Pada hari ini kegiatan dibuka oleh Beliau berdua tepat pada jam 09.00 Wita. Pemateri pertama yang hadir menyapa kami untuk membawakan materi tentang ‘Publikasi karya tulis dalam pemanfaatan rumah belajar’ adalah ibu Andamsari dari Pusdatin Kemendikbudristek Republik Indonesia. Secara detil beliau menjelaskan tentang definisi, perbedaan, ciri-ciri khusus, serta contoh-contoh pilihan kata pada penulisan artikel populer, artikel ilmiah populer, dan karya tulis ilmiah. Secara spesifik beliau juga menjelaskan tentang karakteristik-karakteristik dari artikel populer, artikel ilmiah populer, maupun karya tulis ilmiah. Contoh karakteristik artikel populer misalnya:
  • gagasan, ulasan, atau kritik terhadap suatu persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.
  • menyajikan fakta-fakta secara cermat, jujur, Netral, dan sistematis.
  • ditulis dengan bahasa populer.
  • memberikan alternatif solusi.
  • penyampaian pesan jaringan tidak rumit, dan bersifat hiburan 

Sementara itu karakteristik dari artikel ilmiah populer diantaranya misalnya:

  • opini tentang suatu masalah atau peristiwa disertai fakta empiris dan teori pendukung
  • sarana komunikasi antara ilmuwan dan masyarakat.
  • gaya bahasa populer atau bahasa media, sederhana, mudah dipahami orang awam, singkat dan efektif.
  • ringkasan hasil penelitian, fakta terpenting dan penting. 
  • menerjemahkan bahasa iptek yang jelimet kedalam bahasa yang dimengerti secara umum.
  • mudah dicerna karena berkaitan erat dengan kejadian sehari-hari.
  • memperkenalkan ilmu atau temuan baru serta mengaitkan dengan kebutuhan masyarakat.

Sedangkan beberapa karakteristik dari karya tulis ilmiah antara lain:

  • logis (kerunutan penjelasan data dan informasi berdasarkan logika pemikiran dan kebenaran ilmu)
  • objektif (data dan informasi sesuai dengan fakta sebenarnya)
  • sistematis (sumber data dan informasi yang diperoleh dari hasil kajian mengikuti urutan pola pikir yang sistematis atau Litbang yang konsisten/berkelanjutan)
  • handal (data dan informasi yang telah teruji dan sahih serta memungkinkan untuk terus dikaji ulang)
  • design (terencanakan dan memiliki rancangan)
  • akumulatif (kumpulan dari berbagai sumber yang diakui kebenaran dan keberadaannya serta memberikan kontribusi bagi khazanah IPTEK yang sedang berkembang)

Selain daripada itu beliau juga menjelaskan tentang tahapan, sistematika dari artikel populer, artikel ilmiah populer, dan karya tulis ilmiah.


Tangkapan layar 4: Tentang Karakteristik artikel

Tangkapan layar 5: Tahapan pembuatan artikel

Selanjutnya pemateri juga mengulik secara mendalam tentang strategi publikasi, jenis media publikasi, dan pemilihan media publikasi, untuk mempublikasikan karya kita kepada khalayak atau  masyarakat umum.


Setelah penjelasan dirasa cukup, sesi berikutnya adalah tanya jawab. Sesi ini juga sangat digemari, tentu saja, oleh para SRB. Karena pada kesempatan ini, artinya kami diberikan waktu untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan, sehingga kami bisa jauh lebih paham secara mendetail tentang materi yang beliau sampaikan. 


Sesi berikutnya, setelah usainya pemaparan ibu Andamsari, maka kendali kemudian kembali kepada ada Bapak Hilman dan Bapak Ilham. Pada kesempatan ini beliau mengulik lebih jauh lagi dan lebih detail mengenai blogging dan vlogging. mereka berdua memberikan tips tips dan trik trik khusus mengenai blogging sehingga kami bisa memiliki suatu blog yang representative, mengenai apa-apa yang harus kami cantumkan, dan juga mengenai pengaturan-pengaturan yang sangat penting dalam pembuatan postingan di blog dan pembuatan video vlog.



Tangkapan layar 6: Tahapan pembuatan artikel

Tangkapan layar 7: Tentang Vlog

Tangkapan layar 8: Tentang Vlog

Pada kesempatan ini beliau-beliau berdua juga menyampaikan tentang poin-poin yang menjadi penilaian mengenai tugas-tugas tagihan kami, khususnya terkait kelulusan kami dari program pembaTIK level 4 ini. Beliau berdua juga memaparkan secara rinci apa-apa yang harus ada pada blog maupun pada vlog kami. Di samping itu beliau berdua juga memaparkan tentang teknik-teknik produksi atau pengambilan gambar pada saat melakukan vlogging. Sebaiknya pada saat pengambilan gambar, sudut pengambilan gambar, bisa dilakukan secara dinamis. Artinya, pengambilan gambar bisa dilakukan dari beberapa titik, angle (sudut), maju mundur dan lain seterusnya. Beliau, bahkan menyarankan untuk menggunakan stabilizer sehingga gambar videonya lebih stabil dari goncangan. Selain daripada itu, microphone atau teknik pengambilan suara pada saat produksi juga merupakan aspek yang harus diperhatikan. Sangat disarankan untuk menggunakan mikrofon eksternal. Ini dilakukan untuk menjaga agar kualitas suara tetap bagus sehingga hasilnya memuaskan. 

Akhirnya setelah jam menunjuk angka 12.30 meeting pun ditutup. Karena akan room akan digunakan oleh SRB dari daerah lainnya. Sebelum penutupan, tidak lupa adalah sesi foto bersama.


Tangkapan layar 9: Sesi foto bersama

Demikian berita hari ini, semoga bermanfaat.

Salam juara, salam sehat, jaga selalu kesehatan kita…...


Location: Lariang, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Indonesia

0 comments:

Post a Comment