Thursday, November 18, 2021

SRB Sulbar 2021: Belajar Bersama Mengenali Bahasa Isyarat

bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan huruf M dengan isyarat (Bisindo)
Halo apa kabar para sahabat sekalian?😀😃 
Semoga para sahabat semuanya senantiasa dalam keadaan sehat. Aamiin. 

Oh ya apakah kalian pernah mendengar istilah bahasa isyarat?😀 ya bahasa isyarat!😁 Bahasa ini digunakan oleh difabel, khususnya tuna rungu dan atau tunawicara. Di dalam wikipedia.org dikatakan bahwa bahasa isyarat adalah bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir, bukannya suara, untuk berkomunikasi. Bahasa isyarat merupakan cara menyampaikan kata dan kalimat yang dilakukan dengan gerakan tangan dan ekspresi.

Tahukah sahabat semuanya, bahwa di Indonesia ada dua ragam jenis bahasa isyarat yakni BISINDO dan SIBI. Apa itu masing-masing dari keduanya? Penjelasannya adalah sebagai berikut:
A. BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia)
Bahasa isyarat ini lah yang sering ditemukan di kalangan Teman Tuli maupun Teman Inklusi pengguna bahasa isyarat. BISINDO dibentuk oleh kelompok Tuli dan muncul secara alami berdasarkan pengamatan Teman Tuli. Maka dari itu, BISINDO memiliki variasi “dialek” di berbagai daerah. BISINDO disampaikan dengan gerakan dua tangan.
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Abjad dalam BISINDO (Sumber: Yayasan Peduli Kasih ABK)
B. SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)
Sistem isyarat ini dibentuk oleh mantan kepala SLB yang merupakan orang dengar. SIBI diadopsi dari Bahasa Isyarat Amerika. SIBI telah diresmikan pemerintah, namun lebih sering digunakan pada pembelajaran di SLB. SIBI dianggap lebih sulit karena mengandung kosakata yang baku dan rumit, serta memiliki awalan dan akhiran.  Berbeda dengan BISINDO, SIBI disampaikan dengan satu tangan. 
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Abjad dalam SIBI (Sumber: Yayasan Peduli Kasih ABK)
Oiya, Sahabat, pada hari ini, Rabu tanggal 17 Nopember 2021 penulis pada kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yakni pelatihan Bahasa Isyarat Batch 2. Oh iya, kali ini yang penulis pelajari adalah yang ragam BISINDO. 

Ini merupakan pengalaman yang sangat menarik loh para sahabat!😀 Karena dengan mengetahui bahasa isyarat, paling tidak kita bisa sedikit berkomunikasi dengan para difabel khususnya tunarungu dan tunawicara. Pada kesempatan ini penulis berkesempatan untuk belajar mengisyaratkan alfabet mulai dari a sampai z. Juga bahasa isyaratnya nama-nama hari dalam satu minggu. Juga bahasa isyaratnya bilangan-bilangan. 

Beberapa cuplikan atau screenshoot dari pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain:
Screenshoot pengumuman dan registrasi 😄
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Meeting di Zoom bersama para Narsum Hebat
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Sambil menyimak, sekaligus praktik bersama
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan isyarat huruf A
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan isyarat huruf B
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan isyarat huruf C
bahasa isyarat, srb sulbar, bisindo
Penulis mempraktekkan isyarat huruf W

Demikian laporan dari penulis. Semoga bermanfaat.😄😄🙏






Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment