Thursday, November 11, 2021

Vlog: Dokumentasi praktik baik inovasi pembelajaran dengan menggunakan fitur-fitur 'Rumah Belajar' di SMPN 02 Lariang

Praktik baik pembelajaran inovatif dengan menggunakan fitur-fitur di portal Rumah Belajar
Inovasi Pembelajaran dengan memanfaatkan Rumah Belajar

Salam sehat dan salam juara sahabat semua😊. Apa kabar semuanya? Semoga semuanya dalam keadaan sehat-sehat selalu ya? 😊

Oiya sahabat, pada edisi kali ini, penulis akan melaporkan tentang pelaksanaan praktik baik inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur Rumah Belajar. Kegiatan pembelajaran ini menggunakan metode blended learning, dalam arti kombinasi antara pembelajaran langsung tatap muka di sekolah dan asynchronous di rumah mereka masing-masing. Asynchronous disini dalam arti bahwa komunikasi pembelajaran akan dilaksanakan dengan menggunakan media online, seperti WhatsApp atau Facebook Messenger dan lain sebagainya. Ini dikarenakan oleh sebab bahwa di sekolah kami masih menerapkan PTM-T (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) sehingga jumlah jam per tatap muka tidak lagi normal. Di sekolah kami, jumlah jam yang disediakan untuk per tatap muka adalah 45 (empat puluh lima) menit. Dengan ini maka kami mereduksi kegiatan di dalam kelas. Artinya bahwa semua proses pembelajaran tidak cukup tercover di dalam kelas. Nah, untuk melanjutkan kegiatan pembelajaran yang masih belum utuh atau lengkap itu, maka kelanjutan dari kegiatan pembelajaran di kelas ini akan dilaksanakan di rumah masing-masing. Dengan cara apa, dengan model pembelajaran apa? Maka jawabannya adalah blended learning dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di portal Rumah Belajar. 

Alasan kedua, yang mengharuskan  menggunakan model ini adalah dikarenakan keterbatasan ketersediaan kualitas akses internet yang bagus di sekolah kami. Di daerah kami akses internetnya masih susah, kami masih sering kesulitan untuk berinternet, misalnya untuk mengikuti zoom, untuk membuka beberapa aplikasi dan lain sebagainya. Kami sering, ditengah-tengah kegiatan zoom lalu tiba-tiba hilang sinyal, lalu beberapa detik atau menit kemudian baru kembali lagi. Di daerah kami juga belum terjangkau oleh jaringan IndiHome. 

Apa itu blended learning? Heinze A dan Procter C,( 2010) menyatakan bahwa blended learning adalah campuran dari berbagai strategi pembelajaran dan metode penyampaian yang akan mengoptimalkan pengalaman belajar bagi penggunanya. Sementara menurut Harding, Kaczynski dan Wood (2005), Blended learning merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tradisonal tatap muka dan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan sumber belajar online (terutama yang berbasis web) dan beragam pilihan komunikasi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Dengan pelaksanaan blended learning ini, pembelajaran berlangsung lebih bermakna karena keragaman sumber belajar yang mungkin diperoleh. 

Pada kesempatan ini, hari Senin tanggal 8 November 2021, penulis telah mempraktekkan dan mendokumentasikan kegiatan pembelajaran itu dalam sebuah Vlog. Link dari Vlog tersebut adalah:

Vlogging : Tugas Akhir Pembatik Level 4 Oleh SRB 2021 Provinsi Sulawesi Barat

Sedangkan RPPnya adalah sebagai berikut:

Sementara kehadiran yang terekam dalam aplikasi Absensi Siswa adalah sebagai berikut:

Tangkapan layar, daftar hadir, peserta didik, di aplikasi Absensi Siswa
Screenshoot dari aplikasi Absensi Siswa

Dan rekap kehadirannya adalah sebagai berikut:

Location: Lariang, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Indonesia

0 comments:

Post a Comment