Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo Intip Buku-buku Teks/Materi Kurikulum Prototipe, Beserta info-info detail lainnya!

Tampilan tempat download buku-buku K-2022
Tampilan tempat donwload info & dokumen K-2022

Halo salam jumpa lagi para sahabat semuanya!😊 Apa kabar kabar sahabat?😀 Semoga semuanya senantiasa dalam keadaan baik dan sehat selalu siap dengan seabrek kesibukan kita masing-masing!!

Pada saat ini pembahasan ataupun diskursus mengenai kurikulum baru, atau yang disebut dengan kurikulum prototipe sudah sedemikian masif, baik itu yang yang terbit dan muncul di media masa, media cetak dan apalagi di media sosial. Beberapa diantara diskursus itu ada yang muncul dalam bentuk artikel, postingan di media sosial, ulasan di youtube, infografis, dan lain sebagainya. Ya, bahkan pada beberapa edisi sebelumnya, penulis juga pernah memuat beberapa postingan terkait kurikulum ini. 

Dari banyaknya diskursus dan pembahasan-pembahasan itu tentu kita bertanya-tanya. Lalu dimana kita bisa mendapatkan dokumen atau informasi yang lebih dalam, detail, relaible dan valid. Saat ini informasi tentang kurikulum prototipe, sementara masih termuat dalam keputusan menteri tentang Program Sekolah Penggerak (SP) dan Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK). Naskah akademik dan panduan-panduan yang disusun pun juga masih dibungkus sebagai dokumen SP dan SMK PK. Nah, mengenai informasi atau dokumen-dokumen tersebut dapat diakses di laman berikut:👉 Info & Dokumen K-2022.  

Sedangkan mengenai buku-buku teks kurikulum prototipe, juga masih disebut sebagai buku teks Sekolah Penggerak. Meski demikian, buku untuk PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10 sebenarnya sudah bisa diakses di laman Sistem Informasi Buku Indonesia (SIBI) berikut:👉 Buku Kurikulum Sekolah Penggerak

Buku teks penting untuk dicermati karena seringkali akhirnya akan menjadi kurikulum de facto. Silakan eksplorasi dan beri masukan untuk buku-buku yang telah tersedia.

Mengapa informasi tentang kurikulum ditampilkan dalam dokumen-dokumen Program SP dan SMK PK? Ya, karena pada tahun ajaran 2021/2022 kurikulum prototipe baru diterapkan di sekolah di kedua program tersebut. Kurikulum prototipe adalah nama (sementara) dari kurikulum yang sedang diterapkan di SP dan SMK PK.

Dalam waktu dekat, akan ada peluncuran resmi untuk menawarkan kurikulum ini kepada sekolah dan madrasah di seluruh Indonesia. Tentu saja dengan penyesuaian terhadap perangkat regulasi dan materi-materi tambahan tentang kurikulum ini. Pendaftaran akan segera dilakukan setelah itu, sehingga sekolah punya waktu beberapa bulan untuk melakukan persiapan.

Untuk rincian jadwal dan mekanisme pendaftaran, nantikan setelah peluncuran!

Sumber: 'https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/unduhan/' dan 'https://buku.kemdikbud.go.id/buku-sekolah-penggerak'

Posting Komentar untuk "Ayo Intip Buku-buku Teks/Materi Kurikulum Prototipe, Beserta info-info detail lainnya!"