Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dibuka: Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 6


Latar Belakang

Hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) yang dirilis oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dari tahun ke tahun menunjukkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan peringkat hasil PISA rendah di dunia.

Menanggapi hal tersebut maka pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristekdikti melakukan transformasi untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Transformasi pendidikan di harapkan mampu menjawab dan menjadi salah satu solusi yang sangat diperlukan untuk mengakselerasi kemajuan dunia pendidikan kita. Nah, salah satu wujud dari transformasi di bidang pendidikan ini maka lalu kemudian pemerintah menerbitkan kebijakan yang disebut dengan Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yang di handle oleh Dirjen GTK, yang di Komandani oleh Bapak Irwan Syahril. Dalam salah satu jumpa pers nya beliau mengatakan “Kami mengajak para insan pendidikan terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia dengan bergabung menjadi tim pendukung Guru Penggerak”. Lebih lanjut beliau menegaskan “Guru Penggerak dan tim pendukungnya akan mampu mencetak SDM unggul yang berkompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Dengan bergotong royongnya semua pemangku kepentingan untuk mencetak SDM unggul adalah kunci transformasi pendidikan untuk mencapai visi Indonesia 2045”.

Definisi

Lalu apa definisi Guru Penggerak itu sendiri? Jadi Guru Penggerak adalah guru yang mampu menjadi pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada siswa. Diharapkan Guru Penggerak dapat menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya. Guru Penggerak juga nantinya dapat mengembangkan program kepemimpinan murid untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Kriteria Umum Pendidikan Guru Penggerak

  1. Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta dan tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
  2. Telah memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  3. Pendidikan minimal S1/D4.
  4. Pengalaman minimal mengajar 5 tahun.
  5. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun.
  6. Berkeinginan kuat menjadi Guru Penggerak.

Ingin mendaftar mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP)?😀

Manfaat Penting Program Guru Penggerak

Proses pendidikan guru penggerak menghadirkan berbagai manfaat positif bagi pesertanya. Setidaknya ada 7 manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yaitu:

  1. Mengembangkan Kompetensi dalam Lokakarya Bersama. Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak secara gratis. Selama pelaksanaan program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru. Pada pelatihan ini, calon guru penggerak akan dipantau terkait capaian perkembangannya. Selain itu, calon guru penggerak juga akan melaksanakan evaluasi hingga tahap pelatihan selesai dilaksanakan.
  2. Meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Manfaat kedua dalam mengikuti program guru penggerak bagi pendidik yaitu meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid. Yakni pendidik dapat meningkatkan performa diri dalam menjadi guru yang sebenar-benarnya yang berpusat pada murid. Artinya, pendidik menjadi teladan dan mampu memberikan motivasi bagi murid sehingga menguatkan kemampuan untuk memberdayakan murid.
  3. Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan. Manfaat ketiga mengikuti program guru penggerak bagi pendidik yaitu mendapatkan pengalaman belajar mandiri dan kelompok yang terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan. Belajar memang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, konsistensi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Dengan adanya pelatihan guru penggerak, para pengajar dapat menimba ilmu kembali secara sistematis.
  4. Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain yang sama-sama lolos seleksi program guru penggerak. Manfaat penting program guru penggerak yang ke – empat bagi pendidik yaitu bertemu guru-guru dari berbagai daerah. Hal ini dikarenakan pendaftar calon guru penggerak berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Dengan demikian, para calon guru penggerak dapat bertukar informasi, pengalaman, dan ilmu yang mereka miliki selama pelatihan berlangsung.
  5. Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak. Salah satu manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yang pertama yaitu calon guru penggerak mendapatkan pelatihan dengan orang-orang yang ahli di bidangnya secara gratis. Pengajar praktik / pendamping bagi pelatihan guru penggerak berasal dari Widyaiswara dan Pengawas Sekolah yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Kemendikbud. Mereka bertugas untuk mencatat perkembangan peserta selama pendidikan guru penggerak secara daring, pendampingan selama pendidikan, serta memberikan motivasi dan membantu peserta dalam menjalankan perannya.
  6. Mendapatkan komunitas belajar baru. Manfaat keenam dalam mengikuti program guru penggerak bagi pendidik yaitu mendapatkan komunitas baru. Sama seperti penjabaran sebelumnya, para guru akan bertemu sesama peserta dan pelatih atau pembimbing dengan latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini tentu menjadi komunitas belajar baru bagi guru yang mungkin masih dapat dilakukan ketika sudah selesai mengikuti program pelatihannya. Program ini memungkinkan guru untuk berkolaborasi dengan lebih banyak orang.
  7. Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak. Manfaat ketujuh dari partisipasi program guru penggerak bagi pendidik yaitu mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak. Hal ini dapat menjadi penunjang karier keguruan Anda.

Pengumuman

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 6. Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. PGP angkatan 6 akan dilaksanakan pada sasaran 156 Kabupaten/Kota (daftar kabupaten/kota wilayah sasaran PGP angkatan 6. Pelaksanaan PGP angkatan 6 direncanakan akan dimulai pada bulan Agustus 2022 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. PGP Angkatan 6 diawali dengan pelaksanaan rekrutmen calon guru penggerak melalui tahapan-tahapan seleksi. Sehubungan dengan hal tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut. 

  1. Sasaran calon Guru Penggerak angkatan 6 adalah guru sejumlah 8.000 orang pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. 
  2. Selama pendidikan para guru tetap menjalankan tugas mengajarnya di sekolah masing-masing.
  3. Proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu: Tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian biodata, dan penilaian esai; dan Tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara. Registrasi akan dibuka mulai tanggal 10 Januari – 18 Februari 2022.
  4. Tim rekrutmen calon Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas. 
  5. Informasi proses rekrutmen calon guru penggerak dapat dilihat pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak

Nah, bapak/ibu guru hebat dan para sahabat! Segera siapkan diri dan juga segala persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar menjadi Guru penggerak. Mari Berperan dalam Kemajuan Pendidikan Indonesia melalui Program Guru Penggerak!

Untuk mengetahui lebih detail daerah-daerah yang menjadi sasaran program kegiatan PGP Angkatan 6 ini, silahkan lihat dilebar kedua dari Surat Edaran berikut ini:

Dan untuk mendownloadnya silahkan klik👇

Sumber: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ , dan https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/program-guru-penggerak-2021 


Posting Komentar untuk "Dibuka: Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 6"