Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo Songsong PTS / Mid Semester Genap TA 2021-2022

Siap Menyambut Mid Semester / PTS Semester Genap 2022
Siap Menyambut Mid/PTS 2022

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, dan salam jumpa para sahabat hebat semuanya😀 🙏 Bagaimana kabar para sahabat?😃 Yah, kami berharap semoga kita semua senantiasa baik dan sehat selalu. Aamiin😊. 
Oiya sahabat, tanpa terasa kita sudah sampai pada pekan terakhir bulan Februari. Ini artinya bahwa pelaksanaan Penilaian Tengah Semester atau PTS, sebagai agenda rutin kita sudah akan segera tiba. Oiya sahabat, sebelum kita lebih jauh diskusi atau membahas tentang PTS ini, maka marilah kita sedikit mereview tentang PTS ini, agar segar kembali ingatan kita mengenai agenda rutin per-semester kita yang satu ini.

Pengertian Penilaian Tengah Semester (PTS) 

PTS adalah sebuah singkatan dari Penilaian Tengah Semester. Kegiatan yang dilaksanakan pada  setiap minggu ke-8 atau ke-9 dalam setiap kali semester pada setiap tahunnya.  Fungsi dari PTS ini ialah sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar seluruh siswa selama setengah semester. Guru akan mengetahui sejauh mana daya serap siswa dalam menerima pelajaran yang telah diajarkan.  Jika hasil dari PTS kurang memuaskan maka sebagai tenaga pengajar tentunya akan mengambil langkah postif dalam pembelajaran kedepannya, bisa dengan cara mengganti metode pembelajaran ataupun langkah yang lainnya. Materi yang akan diujikan pada Penilaian Tengah Semester mengenai kompetensi dasar dari masing-masing siswa sesuai mata pelajaran yang ada. Selain itu, Penilaian Tengah Semester (PTS) sendiri memiliki beberapa fungsi dan tujuan.

Tujuan dari Penilaian Tengah Semester (PTS) 

  1. Untuk mengukur hasil pembelajaran bagi seluruh peserta didik selama tiga bulan pertama. 
  2. Untuk mengetahui apakah materi pelajaran yang diajarkan para guru pada setiap mata pelajaran selama setengah semester melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah mampu dipahami  dan diserap oleh seluruh peserta didik. 
  3. Sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan seorang guru terhadap peserta didik. 
  4. Sebagai sarana pendorong motivasi belajar untuk peserta didik. 

Fungsi dari Penilaian Tengah Semester 

  1. Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar. 
  2. Bentuk evaluasi tengah semester bagi para guru terhadap anak didik nya. 
  3. Sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara global.
Nah, jadi gimana nih para sahabat hebat😄. Sudah freshkan yah mengenai PTS/Penilaian Tengah Semester?
Lalu, bagaimana dalam rangka menyambut pelaksanaan PTS edisi mendatang ini para sahabat? Sudahkah kita bersiap-siap untuk menyambut dan menghadapinya? Jenis persiapan itu misalnya, untuk yang terhormat Bapak/ibu guru adalah menyusun naskah soal ulangan, dan sementara untuk para peserta didik adalah dengan cara memperbanyak belajar dan latihan soal-soal!

Contoh Naskah Soal Latihan PTS

Sebagai salah bentuk dari jenis persiapan tersebut, maka pada kesempatan ini penulis menyajikan beberapa contoh soal yang bisa sahabat download sebagai bahan latihan. Adapun untuk mendownload-nya silahkan klik pada button yang tersedia dibawah ini😁
Demikian, semoga bermanfaat😁🙏

Posting Komentar untuk "Ayo Songsong PTS / Mid Semester Genap TA 2021-2022"