Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1.4.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.4 Budaya Positif

Koneksi antar materi modul 1.4 budaya positif (segitiga restitusi)
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh dan salam jumpa kembali para sahabat semua :-) Btw, apa kabar sahabat hebat? Semoga kita semua senantiasa sehat dan lindungan dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Yang Maha Kuasa dan Maha Luas ilmu_Nya, aamiin aamiin aamiin ya rabbal ‘aalamiin. Oiya sahabat, tak lupa pula saya juga ingin mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional 2022 "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan". Semoga para santri sanggup dan mampu untuk terus meneguhkan eksistensinya dalam menjaga kemanusiaan serta tegaknya NKRI yang kita cintai ini.

Sahabat hebat, pada hari ini tibalah kami para CGP (Calon Guru Penggerak) sampai pada tahapan Koneksi Antar Materi dari alur pembelajaran MERDEKA yang merupakan akronim dari Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata. 

Kemudian, pada alur 1.4.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.4 ini, kami para Calon Guru Penggerak mendapatkan 'tugas' untuk untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini. Yakni mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3, hingga modul 1.4 ini. Adapun isi dari pada dokumentasi yang kami kemas dalam bentuk video sederhana ini adalah dalam rangka menjawab pertanyaan-pertanyaan pemantik yang diberikan di LMS (Learning Management System) kami para CGP (Calon Guru Penggerak). Sementara itu, sebagai panduan, macam-macam pertanyaan pemantik tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Buatlah sebuah kesimpulan mengenai peran Anda dalam menciptakan budaya positif di sekolah dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif, motivasi perilaku manusia (hukuman dan penghargaan), posisi kontrol restitusi, keyakinan  sekolah/kelas, segitiga restitusi dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak,  serta Visi Guru Penggerak. 

Buatlah sebuah refleksi dari pemahaman Anda atas keseluruhan materi Modul Budaya Positif ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol,  teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan?
  2. Perubahan apa yang terjadi pada cara berpikir Anda dalam menciptakan budaya positif di kelas maupun sekolah Anda setelah mempelajari modul ini?
  3. Pengalaman seperti apakah yang pernah Anda alami terkait penerapan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif baik di lingkup kelas maupun sekolah Anda?
  4. Bagaimanakah perasaan Anda ketika mengalami hal-hal tersebut?
  5. Menurut Anda, terkait pengalaman dalam penerapan konsep-konsep tersebut, hal apa sajakah yang sudah baik? Adakah yang perlu diperbaiki?
  6. Sebelum mempelajari modul ini, ketika berinteraksi dengan murid, berdasarkan 5 posisi kontrol, posisi manakah yang paling sering Anda pakai, dan bagaimana perasaan Anda saat itu? Setelah mempelajari modul ini,  posisi apa yang Anda pakai, dan bagaimana perasaan Anda sekarang? Apa perbedaannya? 
  7. Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan segitiga restitusi ketika menghadapi permasalahan murid Anda? Jika iya, tahap mana yang Anda praktekkan dan bagaimana Anda mempraktekkannya?
  8. Selain konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses menciptakan budaya positif baik di lingkungan kelas maupun sekolah?

Jadi ini semua adalah terkait dengan pemahaman kami sebagai CGP terhadap semua materi yang sudah dipaparkan pada modul-modul sebelumnya. Dan lalu kami menjawabnya (dari panduan dan pertanyaan-pertanyaan itu) dalam bentuk format video sederhana sebagaimana berikut dibawah ini.

Demikian yang dapat saya haturkan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih. And, jangan lupa untuk meninggalkan jejak digital kebaikan Anda yah sahabat :-) yakni dengan meng-LKS (like, komen, subscribe) karya video sederhana ini.

Posting Komentar untuk "1.4.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.4 Budaya Positif"