Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Refleksi dwi mingguan modul 2.3 coaching untuk supervisi akademik

Refleksi dwi mingguan modul 2.3 coaching untuk supervisi akademik
Salam jumpa kembali sahabat hebat semua, apa kabar? Semoga senantiasa selalu dalam keadaan baik dan sehat, dan bersemangat untuk menjalankan aktivitas kita sehari-hari, yahπŸ˜€ Oiya sahabat, edisi kali ini tentunya juga sudah menyebrang tahun dari edisi sebelumnya, olehnya kami juga mengucapkan 'Selamat Tahun Baru' alias 'Happy New Year' 2023, Semoga ditahun ini kita lebih sukses, senantiasa sehat, dengan rahmat dan bimbingan Tuhan YME.

Sahabat hebat, kini perjalanan kami (para CGP) dalam mengarungi kawah candradimuka program pendidikan guru penggerak sudah hampir pada titik half way atau setengah perjalanan dari keseluruhan program. Artinya kami sudah menjalani laku M-E-R-D-E-K-A (Mulai dari diri, Elaborasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, Aksi nyata) sebanyak setengah dari keseluruhan modul yang kurang lebih berjumlah 10 modul. Ya, kami sekarang sudah sampai pada tahap Refleksi Dwimingguan dari Modul 2.3 Coaching untuk supervisi akademik.

Sebagaimana biasanya, kegiatan pembelajaran modul ini juga diawali dengan Mulai dari diri, lalu Eksplorasi konsep, dan seterusnya hingga pada tahap aksi nyata dan refleksi. Dengan mempelajari modul ini saya jadi mengerti dan paham banyak hal mengenai pelaksanaan komunikasi dan juga supervisi akademik yang mesti dibangun dengan pola atau model coaching. Sehingga sekarang para guru tidak perlu 'dumba-dumba' lagi ketika akan disupervisi, bahkan malah sebaliknya, guru justru akan cinta dan rindu untuk disupervisi, karena dengan disupervisi berarti dia akan mendapatkan bantuan untuk refleksi dan pengembangan diri untuk peningkatan kompetensinya melalui kegiatan supervisi yang berbasis coaching.

Oiya, sahabat kali ini dalam melakukan refleksi, saya menggunakan refleksi model/gaya round robin dengan pertanyaan-pertanyaan pemantik sebagai berikut:
  1. Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya?
  2. Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?
  3. Apa hal yang masih membingungkan Anda dari pembelajaran hari ini? Ceritakan hal-hal apa saja yang membuat hal tersebut membingungkan.
Dan adapun refleksi yang saya buat kali ini adalah tentu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut. Selanjutnya, bahwa karya kami ini kami tuangkan dalam format video, dan berikut ini adalah videonya. Selamat menonton dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak digital kebaikan anda dengan meng-LKS (like, komen, subrek) video iniπŸ˜ƒπŸ™


Posting Komentar untuk "Refleksi dwi mingguan modul 2.3 coaching untuk supervisi akademik"