Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Demonstrasi kontekstual modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

wawancara demosntrasi kontekstual modul 3.1 pgp angkatan 6
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh dan salam jumpa kembali para sahabat hebat semua :-) By the way, apa kabar sahabat semua? Semoga pada baik dan sehat semuanya yah! Semoga kita semua senantiasa dalam ridha, lindungan dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Dzat Yang Maha Kuasa dan Maha Luas ilmu_Nya, aamiin aamiin aamiin ya rabbal ‘aalamiin.😄
Sahabat hebat, ini adalah postingan pertama saya ditahun 2023 ini, olehnya saya juga ingin mengucapkan selamat Tahun Baru kepada sahabat hebat abihania.net, oiya bagi yang merayakannya saya juga juga mengucapkan Gong Xi Fat Choi, selamat Tahun Baru Cina, semoga ditahun yang baru ini akan penuh dengan kebahagiaan, kesuksesan, dan anugerah kesehatan untuk kita semua.
Oiya sahabat pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai aktivitas saya pada kegiatan PGP, khususnya pada sesi demonstrasi kontekstual modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Lalu apa yang menjadi tujuan dari sesi demo kontekstual ini, maka tidak lain, sesuai dengan yang tertera di LMS adalah agar CGP dapat melakukan suatu analisis atas penerapan proses pengambilan keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang berbagai paradigma, prinsip, pengambilan dan pengujian keputusan di sekolah asal masing-masing dan di sekolah/lingkungan lain.
Jadi tahapan Demonstrasi Kontekstual ini merupakan wadah bagi kami untuk menunjukkan pemahaman kami mengenai keseluruhan materi. Kami diberi kesempatan untuk meninjau materi di modul ini dengan konteks lokal yang kami hadapi. Kami akan menganalisis unsur-unsur apa saja yang kami butuhkan dalam menjalankan pengambilan keputusan dilema etika, sebagai pemimpin pembelajaran? Dalam hal ini, kesempatan tersebut berupa mengadakan wawancara dengan pimpinan/kepala sekolah tentang praktik pengambilan keputusan selama ini di sekolah asal kami, dan juga di tempat/lingkungan lain. Hasil wawancara ini akan kami analisis berdasarkan konsep-konsep yang telah dipelajari di modul ini. Hasil analisis ini akan kami dijadikan sebuah refleksi atas praktik pengambilan keputusan dilema etika yang telah dijalankan di sekolah asal kami dan di sekolah-sekolah lain di lingkungan kami.
Sementara itu, panduan pertanyaan wawancara (Guiding Questions for the Interview) kegiatan demo kontekstual ini adalah sebagai berikut:
  • Selama ini, bagaimana Anda dapat mengidentifikasi kasus-kasus yang merupakan dilema etika atau bujukan moral?
  • Selama ini, bagaimana Anda menjalankan pengambilan keputusan di sekolah Anda, terutama untuk kasus-kasus di mana ada dua kepentingan yang sama-sama benar atau sama-sama mengandung nilai kebajikan?
  • Langkah-langkah atau prosedur seperti apa yang biasa Anda lakukan selama ini?
  • Hal-hal apa saja yang selama ini Anda anggap efektif dalam pengambilan keputusan pada kasus-kasus dilema etika?
  • Hal-hal apa saja yang selama ini merupakan tantangan dalam pengambilan keputusan pada kasus-kasus dilema etika?
  • Apakah Anda memiliki sebuah tatakala atau jadwal tertentu dalam sebuah penyelesaian kasus dilema etika, apakah Anda langsung menyelesaikan di tempat, atau memiliki sebuah jadwal untuk menyelesaikannya, bentuk atau prosedur seperti apa yang Anda jalankan?
  • Adakah seseorang atau faktor-faktor apa yang selama ini mempermudah atau membantu Anda dalam pengambilan keputusan dalam kasus-kasus dilema etika?
  • Dari semua hal yang telah disampaikan, pembelajaran apa yang dapat Anda petik dari pengalaman Anda mengambil keputusan dilema etika?
Dan hasil dari dokumentasi kegiatan wawancara-wawancara kami atas tagihan ini adalah sebagai berikut:
Demikian yang dapat saya haturkan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih. And, jangan lupa videonya di like, komen, dan subscribe (LKS) 😀🙏

2 komentar untuk "Demonstrasi kontekstual modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin"

  1. Wah isi videonya sangat menginspirasi, bang. Saya jadi punya bayangan apa yang mesti dilakukan bila menghadapi dilema etika. Bravo sukses terus bang :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak, semoga bisa terus menyebarkan manfaat kepada sesama, ditunggu karya-karya berikutnya yah bang! :-)

      Hapus