Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

aksi nyata modul 3.2 pemimpin dalam pengelolaan sumber daya

aksi nyata modul 3.2 pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh dan salam jumpa kembali para sahabat abihania.net :-) By the way, apa kabar sahabat semua?😀 Semoga pada baik dan sehat semuanya yah! Semoga kita semua senantiasa dalam ridha, lindungan dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Dzat Yang Maha Kuasa dan Maha Luas ilmu_Nya, aamiin aamiin aamiin ya rabbal ‘aalamiin. 
Oiya sahabat pada kesempatan ini saya ingin memposting dan berbagi terkait mengenai dokumentasi sederhana saya pada kegiatan Program Pendidikan Guru Penggerak, khususnya pada sesi aksi nyata dari materi modul 3.2 mengenai pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Sesuai yang tertera di LMS PPGP bahwa tujuan pembelajaran khusus dari sesi aksi nyata ini adalah bahwa kami para CGP mampu mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.
 
Identifikasi sumber daya sekolah yang dilakukan secara kolaboratif dapat menjadi cara yang efektif untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia di sekolah. Hal ini melibatkan partisipasi semua anggota tim pendidikan, termasuk kepala sekolah, guru, staf administrasi, dan siswa. Melalui kerja sama ini, tim dapat mengumpulkan data tentang sumber daya yang ada, mengevaluasi penggunaannya, dan mengidentifikasi area yang dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada.
Pertama-tama, kami secara bersama-sama misalnya dapat memulai dengan mengidentifikasi sumber daya fisik yang tersedia di sekolah, seperti ruang kelas, laboratorium komputer, perpustakaan, dan fasilitas olahraga. kami dapat mengevaluasi penggunaannya dan melihat apakah sumber daya tersebut sudah digunakan secara optimal atau tidak. Misalnya, jika ada ruang kelas yang tidak digunakan, kami dapat mempertimbangkan untuk mengalihfungsikan ruang tersebut agar dapat dimanfaatkan lebih efektif.
Selain sumber daya fisik, tim juga dapat mempertimbangkan sumber daya manusia yang tersedia di sekolah. Mereka dapat mengevaluasi keahlian dan pengalaman staf pendidikan dan mempertimbangkan cara untuk memaksimalkan potensi mereka. Misalnya, jika ada staf administrasi yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi, mereka dapat diajak bekerja sama dengan guru untuk mengembangkan program pengajaran yang memanfaatkan teknologi secara lebih efektif.
Selanjutnya, kami secara bersama-sama juga dapat mengevaluasi sumber daya pendanaan yang tersedia di sekolah. Mereka dapat melihat pengeluaran yang sudah dilakukan dan menentukan area yang membutuhkan lebih banyak dukungan keuangan. Misalnya, jika siswa membutuhkan lebih banyak buku atau peralatan untuk belajar, tim dapat mempertimbangkan untuk mengalokasikan lebih banyak dana untuk keperluan tersebut.
Terakhir, identifikasi sumber daya sekolah yang dilakukan secara kolaboratif dapat membantu memperkuat hubungan antara semua warga sekolah. Melalui kerja sama ini, kami secara bergotong royong dapat membangun saling pengertian dan kepercayaan, serta mengembangkan ide-ide yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Dengan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia, tim pendidikan di sekolah, selanjutnya juga dapat mencapai tujuan bersama untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan bermanfaat bagi murid.
Kemudian, pada akhirnya hasil dan proses pemetaan secara kolaboratif ini nantinya dilaporkan dalam bentuk yang sesuai dengan kreativitas CGP, misalnya berupa foto atau video, dan lainnya. Dokumentasi dari proses ini akan dinilai pada kunjungan Pendampingan Individu ke-6.
Nah, jadi video yang kami persembahkan ini berisi beberapa hal mulai dari identifikasi dan pemetaan bersama dengan ibu Kepala Sekolah SMPN 02 Lariang, bersama dengan rekan-rekan sejawat di SMPN 02 Lariang, bersama para murid dan juga dengan perwakilan orang tua murid. Dan berikut ini adalah tampilan dari video dokumetasi sederhana tersebut. Selamat menyaksikan....!!!
Dan berikut ini adalah salah satu dokumentasi catatan kami yang berupa notulen, daftar hadir, dan juga foto-foto kegiatan:
Demikianlah yang dapat saya haturkan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Akhir kata kami ucapkan terima kasih and jangan lupa videonya di like, komen, dan subscribe (LKS) yah 😀🙏

5 komentar untuk "aksi nyata modul 3.2 pemimpin dalam pengelolaan sumber daya"

  1. Mantap bang, terima kasih atas berbaginya, mohon mengutip sebagian tulisannya!

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih Bund, Silahkan dengan senang hati ......

      Hapus
  3. terimakasih sangat bermanfaat untuk referensi saya

    BalasHapus