Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

aksi nyata modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak pada murid

aksi nyata modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak pada murid
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh,

Salam jumpa kembali sahabat hebat semua, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang tugas saya dalam memenuhi tagihan 3.3.a.9. Aksi Nyata - Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid.

Sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, Aksi Nyata memberikan ruang bagi kami sebagai CGP untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul. Aksi Nyata dimaksudkan sebagai proses pengembangan profesionalisme berkelanjutan, di mana ia dilihat sebagai kesatuan antara proses pembelajaran dan implementasi.

Sementara itu, yang menjadi tujuan khusus dari kegiatan aksi nyata ini adalah: (1) CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata; (2) CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.

Jadi pada tahapan akhir ini, kami para para CGP dituntut untuk memulai mewujudkan perubahan kecil dengan mencoba menerapkan tahapan B dan A dari model prakarsa perubahan BAGJA yang telah Ibu/Bapak buat sebelumnya. Mengapa di tahapan aksi nyata ini Ibu/Bapak hanya akan melakukan tahapan B dan A? Hal ini karena tahapan selanjutnya dari proses BAGJA ini (tahapan GJA) akan diimplementasikan selanjutnya bersamaan dengan saat Ibu/Bapak melakukan kegiatan lokakarya.

Berikut ini adalah panduan bagi kami, para CGP dalam mewujudkan aksi nyata tersebut. 
  • Kami akan mendapatkan waktu selama kurang lebih 1 minggu untuk mengimplementasikan tahapan B (buat pertanyaan) dan A (ambil pelajaran).
  • Implementasikanlah/lakukanlah tindakan-tindakan dan rencana-rencana yang telah dibuat sebelumnya (kolom C, D, dan E di dalam contoh format BAGJA).
  • Berdasarkan implementasi atau tindakan yang telah dilakukan tersebut, lihatlah kembali pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat di Tahapan A (Ambil Pelajaran). Analisalah untuk melihat apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut masih relevan. Lakukan perbaikan atau penyesuaian jika diperlukan.
  • Setelah dilakukan penyesuaian atau perbaikan (jika memang diperlukan), lanjutkanlah implementasi ke tahapan berikutnya (Tahapan A - Ambil Pelajaran).
    tahapan BAGJA pada aksi nyata modul 3.3
  • Selama menjalankan Aksi Nyata, kami diinstruksikan untuk membuat sebuah catatan refleksi di setiap akhir tahapan (Tahapan B dan Tahapan A). Gunakan format 4P (peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan ke depan) saat membuat catatan refleksi tersebut, seperti di bawah ini.
  • Langkah berikutnya kami harus mendokumentasikan proses yang terjadi dalam bentuk video. Kemudian lalu harus kami unggah video tersebut ke kanal YouTube dan PMM kami (pada menu Bukti Karya).
  • Selanjutnya kami mesti mengirimkan tautan video yang telah diunggah di YouTube kami, dan screenshoot (tangkapan layar) bukti kami telah menambahkan video tersebut ke PMM kami (pada menu Bukti Karya) sesuai petunjuk di bawah.
  • Aksi nyata kami, para CGP ini akan dinilai dengan menggunakan rubrik penilaian berikut  ini  Rubrik Aksi Nyata.
Dan selanjutnya, untuk menjawab dari serangkaian pertanyaan dan panduan yang ada ini maka berikut ini adalah hasil dokomentasi baik berupa gambar maupun narasi yang kami sajikan dengan mode presntasi yang kami upload di channel youtube kami sebagai berikut:

Demikianlah yang dapat saya haturkan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Akhir kata kami ucapkan terima kasih and jangan lupa videonya di like, komen, dan subscribe (LKS) yah 😀🙏

Posting Komentar untuk "aksi nyata modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak pada murid"