Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

demonstrasi kontekstual modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak positif pada murid

demonstrasi kontekstual modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak positif pada murid
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh dan salam jumpa kembali sahabat abihania.net. By the way, apa kabar sahabat semua, saya berharap semoga senantiasa kabar baik dan sehat semuanya yah!😀 Semoga kita semua senantiasa dalam ridha, lindungan dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Dzat Yang Maha Kuasa dan Maha Luas ilmu_Nya, aamiin aamiin aamiin ya rabbal ‘aalamiin.😄

Pada edisi 8 April 2023 atau bertepatan dengan 17 Ramadhan 1444 H ini, yang artinya bertepatan dengan sebuah momen istimewa dalam ajaran agama Islam, yakni peringatan diturunkannya Al-Qur an atau Nuzulul qur'an. Olehnya kami mengucapkan selamat merakannya, dan marilah kita meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilainya di dalam membawa dan menyebarkan rahmat bagi seluruh alam.

Sahabat, pada kesempatan ini kami akan berbagi mengenai karya sederhana kami dalam mendokumentasikan tagihan tugas modul 3.3 khusus terkait tugas tagihan pada alur demonstrasi kontekstual modul 3.3 yang membahas terkait 'pengelolaan program yang berdampak positif pada murid'. Adapun mengenai tujuan pembelajaran khusus dari alur ini adalah agar kami, para CGP, dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

Jika pada sesi sebelumnya, yakni sesi RuKol (ruang kolaborasi) kami baru sebatas mengeksplorasi gagasan dan membuat gambaran umum, maka di tahapan ini kami, para CGP, akan mencoba membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin kami terapkan. Pada tahapan ini kami diberikan keleluasaan untuk dapat memilih apakah kegiatan atau program yang ingin dirancang adalah kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler. Hal terpenting adalah saat merancang program/kegiatan tersebut, kami, CGP, harus menggambarkan bagaimana suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid tersebut.

Jadi, sekali lagi, kami dapat memanfaatkan ide-ide yang telah didiskusikan dalam tahap ruang kolaborasi untuk menyusun rumusan prakarsa perubahan bagi sekolah kami masing-masing CGP. Kemudian, gunakanlah kerangka manajemen perubahan BAGJA (yang telah dipelajari di modul-modul sebelumnya) dengan menyusun pertanyaan dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapan BAGJA tersebut dengan mempertimbangkan:
  • poin-poin mana dalam komponen Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan melalui program/kegiatan ini,
  • aset dan kekuatan mana yang telah dimiliki sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan program/kegiatan ini,
  • mana saja karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun melalui program/kegiatan ini.
  • bagaimana suara, pilihan, dan kepemilikan murid akan diwujudkan melalui program/kegiatan ini.
Lalu, untuk memandu kerja kami maka kami bisa menggunakan contoh format BAGJA sebagaimana yang tersedia di LMS sebagai kami kutip sebagai berikut:


Jadi sahabat, lalu dalam menjawab semuanya ini, lalu kami tuangkan dalam bentuk video presentasi yang tersimpan di channel youtube kami, dan selengkapnya adalah sebagai berikut:
Akhirnya, demikian yang dapat saya haturkan, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Terima kasih and, jangan lupa videonya di like, komen, dan subscribe (LKS) 😀🙏

Posting Komentar untuk "demonstrasi kontekstual modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak positif pada murid"