Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

refleksi dwi mingguan modul 3.2 pemimpin dalam pengeloaan sumber daya

refleksi dwi mingguan modul 3.2 pemimpin dalam pengeloaan sumber daya
Salam jumpa kembali sahabat hebat semua, apa kabar? Semoga senantiasa baik dan sehat, dan bersemangat untuk menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Aamiin😀
Oiya sahabat abinahia.net, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang dokumentasi karya sederhana saya dalam memenuhi tugas tagihan membuat Refleksi Dwimingguan Modul 3.2 tentang 'Pemimpin dalam Pengeloaan Sumber Daya'.  

Oiya sahabat, bahwa dalam menulis tagihan karya refleksi ini saya menggunakan model refleksi 5M. Model refleksi 5M adalah sebuah model refleksi yang diadaptasi dari model 5R, yang dikembangkan oleh Bain, dan kawan-kawan pada 2002, dan juga Ryan & Ryan pada tahun 2013. Seperti yang dikutip dalam buku Ryan & Ryan pada tahun 2013 Model refleksi 5M dirancang untuk membantu individu merenungkan dan mempelajari pengalaman mereka dengan lebih efektif. 

Adapun tahapan-tahapan atau langkah-langkah dalam melakukan refleksi ini adalah sebagai berikut: 
  1. Mendeskripsikan (Reporting): menceritakan ulang peristiwa yang terjadi 
  2. Merespon (Responding): menjabarkan tanggapan yang diberikan dalam menghadapi peristiwa yang diceritakan, misalnya melalui pemberian opini, pertanyaan, ataupun tindakan yang diambil saat peristiwa berlangsung. 
  3. Mengaitkan (Relating): menghubungkan kaitan antara peristiwa dengan pengetahuan, keterampilan, keyakinan atau informasi lain yang dimiliki.  
  4. Menganalisis (Reasoning): menganalisis dengan detail mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, lalu mengambil beberapa perspektif lain, misalnya dari teori atau kejadian lain yang serupa, untuk mendukung analisis tersebut. 
  5. Merancang ulang (Reconstructing): menuliskan rencana alternatif jika menghadapi kejadian serupa di masa mendatang.
Selanjutnya, bahwa karya kami ini kami tuangkan dalam format video, dan berikut ini adalah videonya. Selamat menonton dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak digital kebaikan anda dengan meng-LKS (like, komen, subrek) video ini😃🙏
Demikianlah sahabat, yang bisa saya bagikan pada postingan edisi kali ini, semoga postingan bermanfaat dalam memperkaya khazanah tulisan, khususnya terkait tema 'pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin'. Sekian dan terima kasih, salam bahagia selalu.😀🙏

2 komentar untuk "refleksi dwi mingguan modul 3.2 pemimpin dalam pengeloaan sumber daya"

  1. Sama cakepnya antara tampilan desain layout, pewarnaan dan lain sebagainya dengan konten atau isinya, kami tunggu karya-karya berikutnya bang :-)

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas doa dan dukungannya, di masa mendatang semoga bisa tetap dan slalu memenuhi ekspektasi sahabat hebat abihania.net :-)

    BalasHapus