Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

refleksi dwi mingguan modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak positif pada murid

refleksi dwi mingguan modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak positif pada murid
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh,
Salam jumpa kembali sahabat hebat abihania.net, apa kabar? Semoga senantiasa baik dan sehat, dan bersemangat untuk menjalankan aktivitas kita sehari-hari.😀


Oiya sahabat, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang dokumentasi karya saya dalam memenuhi tugas tagihan membuat Refleksi Dwimingguan yang Ke-10 atas Modul modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak positif pada murid.

Sahabat hebat, kembali mengingat bahwa jurnal refleksi dwimingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap rentang waktu sekitar dua mingguan. Dan kegiatan ini sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh para CGP (Calon Guru Penggerak) untuk menyusunnya berdasarkan siklus dan atau jadwal yang sudah ditentukan oleh BGP Provinsi sebagai penyelenggara kegiatan PPGP.

Sahabat hebat, refleksi dwimingguan yang kami susun ini adalah kami tulis berdasarkan pengalaman empirik kami di lapangan, baik ketika mode sinkronus maupun asinkronus sepanjang proses mengikuti program guru penggerak yang sudah sampai pada tahap tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya merefleksikan diri atas pembelajaran yang saya ikuti dan laksanakan atas pembelajaran modul 3.3 dengan menggunakan model refleksi 4F. Model refleksi 4F adalah suatu model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, seorang konsultan dan pelatih yang terkenal dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Model ini bertujuan untuk membantu orang untuk merefleksikan pengalaman mereka dan memperoleh pembelajaran yang berarti. Model ini lalu diadaptasi menjadi model 4P. 

Model refleksi 4F atau 4P ini mencakup hal-hal sebagai berikut, antara lain:
  1. Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut? 
  2. Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.  
  3. Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini? 
  4. Future (Penerapan): Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini?
Selanjutnya, bahwa karya kami ini kami tuangkan dalam format video, dan berikut ini adalah videonya. Selamat menonton dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak digital kebaikan anda dengan meng-LKS (like, komen, subrek) video ini yah😃🙏
Demikianlah sahabat, yang bisa saya bagikan pada postingan edisi kali ini, semoga postingan bermanfaat dalam memperkaya khazanah tulisan, khususnya terkait tema 'pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin'. Sekian dan terima kasih, salam bahagia selalu.😀🙏

Posting Komentar untuk "refleksi dwi mingguan modul 3.3 pengelolaan program yang berdampak positif pada murid"